in

Iklan Extra Joss Bikin Bingung Konsumen?

UGETUGET | Pernahkah kamu melihat iklan Extra Joss dan berpikir ulang tentang kalimat iklan yang ada di dalamnya? Iklan yang selalu menghantui saya itu ternyata memang memiliki dua penafsiran yang berbeda. Bagi saya, iklan yang mempunyai multi penafsiran adalah suatu “kesalahan”.

Extra Joss merupakan salah satu minuman energi yang sering memproduksi iklan dengan nilai-nilai yang memberikan rasa optimisme. Tetapi jangan sampai kurang cermat. Karena bisa berakibat fatal.

Brand minuman sekelas Extra Joss seharusnya memilih kalimat iklan yang lugas dan jelas supaya tidak membingungkan konsumennya. Karena konsumen di zaman sekarang membutuhkan sesuatu yang “pasti”.

Di dalam iklan tersebut disebutkan bahwa laki tanding kalau sebanding. Hal tersebut merupakan kalimat bermakna ganda. Kalimat “laki tanding kalau sebanding” bisa dimaknai sebagai sebuah sikap berani dan menunjukkan sifat pria sejati. Tetapi, ternyata kalimat tersebut juga menyimpan makna yang lain. Makna yang satunya lagi adalah pengecut. Kenapa?

Ide iklan dari Extra Joss “laki tanding kalau sebanding cukup bagus” tetapi pada eksekusinya menimbulkan makna ganda.

uget uget - Iklan Extra Joss Bikin Bingung Konsumen?
Sumber gambar: Bintang.com

Mungkin efek yang ingin didapatkan oleh Extra Joss adalah makna yang pertama yaitu keberanian dan pria sejati. Tetapi perlu diingat, bahwa pria sejati tidak akan melawan seseorang yang levelnya berada di bawahnya, Tetapi dia harus mendapatkan lawan yang seimbang. Ini adalah suatu sikap kejantanan seorang laki-laki sejati.

Kemudian pada makna yang kedua yaitu sifat pengecut. Tentu saja Extra Joss tidak ingin mendapatkan label pengecut. Tetapi kata-kata atau tagline “laki tanding kalau sebanding” itu juga bermakna pilih-pilih lawan. Artinya lelaki tersebut tidak berani melawan tantangan dari seseorang atau sesuatu yang lebih besar.

Dalam iklan tersebut digambarkan adanya pertarungan. Kekuatan yang jauh di atas tetap harus dilawan. Bukan malah yang ada di bawahnya. Seharusnya laki-laki sejati berani untuk melawan setiap lawan walaupun kekuatan lawan berada di atasnya.

Makna ganda ini akan menimbulkan suatu efek menggelikan bagi orang yang jeli. Akhirnya iklan status dengan brand sebesar itu menjadi bahan gurauan.

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

uget uget - Video Lucu Unboxing- Cawan Raja Nusa

Video Lucu Unboxing: Cawan Raja Nusa