Ibu Melahirkan Anak, Ibu Melahirkan Kecerdasan
Sumber gambar: maxpixel.freegreatpicture.com
in

Ibu Melahirkan Anak, Ibu Melahirkan Kecerdasan

UGET UGET – Setiap anak diwarisi faktor genetik dari orang tuanya. Mulai dari perilaku, postur tubuh, dan wajah akan dengan mudah dikenali secara langsung, apakah mirip ayah atau ibunya. Namun, bagaimana dengan kecerdasan anak? Ternyata banyak yang bilang bahwa ibu melahirkan anak, ibu pulalah yang melahirkan kecerdasan.

Anak mendapatkan 23 kromosom XY dari Ayah dan 23 kromosom XX dari ibu. Kromosom ini menurut penelitian Psychology Spot yang membuat anak dilahirkan dengan gen yang berbeda-beda. Bisa saja wajah mirip Ibu, tetapi rambut menurun dari Ayah. Artinya, setiap orang menurunkan faktor yang berbeda-beda, campuran dari ayah dan ibu.

Berbeda dengan itu, kecerdasan anak tidak mudah disimpulkan secara gamblang menurun dari ayah atau ibunya. Namun ternyata, khusus gen kecerdasan hampir dapat dipastikan menurun dari ibu. Dilansir tribunwow, gen kecerdasan berada di kromosom X. Sedangkan diketahui bahwa, wanita membawa dua gen kromosom X. Artinya, anak akan lebih mungkin mendapatkan kecerdasan dari ibu dua kali lipat.

Kondisi kecerdasan anak menurun dari ibu juga dipertegas melalui penelitian yang dilakukan Medical Research Social Council, di Amerika Serikat. Penelitian tersebut mewawancarai sebanyak 12.686 orang berusia 14 hingga 22 tahun. Penelitian ini melihat pada IQ, pendidikan anak, serta status sosial ekonomi. Ternyata faktor penentu terbaik dari kecerdasan tentu adalah IQ dari ibu mereka.

Bahkan menurut beberapa penelitian, ayah memang kurang menurunkan kecerdasan anak. Jadi kalaupun ayah tidak memiliki gen kecerdasan sekalipun, ini tidak akan merusak otak anak.

Memang bagi seorang wanita terutama ibu penting untuk memiliki kecerdasan, yang dapat dibangun dengan tingkat pendidikan yang tinggi. Maka dari itu, diyakini Yanuar Nugroho, Deputi II Kepala Staf Kepresidenan, penting untuk meningkatkan perbaikan kualitas kesehatan ibu dan anak dengan makan ikan selama mengandung. Sebab gizi yang baik juga akan berpengaruh pada kecerdasan anak.

Tak hanya itu, seorang wanita wajib untuk memperoleh pendidikan. Tak hanya gen kecerdasan, ibu juga menjadi orang terdekat bagi si anak. Ibu memegang peran besar untuk mendidik anak. Selain akan terbangun keterikatan, Ibu juga menjadi orang pertama yang akan memengaruhi tumbuh kembang si anak. Nah, kalau bisa kurangilah menggunakan jasa baby sitter, sebab masa depan anak sudah menjadi tanggung jawab orang tua.

Namun meskipun begitu, dilansir Kompas.com, sebuah studi yang dilakukan oleh tim dari Imperial College London, diketahui bahwa para ayah yang ikut mengurus anak dan punya interaksi positif dengan bayinya akan meningkatkan perkembangan kecerdasan buah hatinya.

Artinya, kecerdasan tidak hanya dibangun dari gen. Melainkan interaksi anak dengan lingkungannya, termasuk ayah yang berpengaruh besar membentuk karakter anak. Maka dari itu, penting untuk meningkatkan kualitas diri, baik ayah maupun ibu. Sebab masa depan anak ada di tangan mereka.

Sumber gambar: maxpixel.freegreatpicture.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Nada Berbicara Bisa Jadi Sumber Prasangka Buruk

Nada Berbicara Bisa Jadi Sumber Prasangka Buruk

Sopir Truk, Pekerjaan Mulia yang Berdampak Besar

Sopir Truk, Pekerjaan Mulia yang Berdampak Besar