Ibu Hamil Harus Selektif Dalam Memilih Makanan
Sumber gambar: baruterus.com
in

Ibu Hamil Harus Selektif Dalam Memilih Makanan

UGET UGET – Kehamilan merupakan hal yang dinanti-nanti oleh sebuah keluarga, utamanya oleh seorang wanita yang sudah menikah. Kehamilan pastinya membuat orang dalam keluarga bahagia. Tapi, ibu hamil harus lebih waspada dalam mengonsumsi makanan, karena gizi yang diperoleh calon bayi berasal dari makanan yang dikonsumsi si ibu.

Selektif dalam memilih makanan merupakan sebuah keharusan bagi seorang ibu hamil. Hal ini bertujuan untuk menjaga asupan gizi yang terkandung dalam makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Biasanya, para ibu hamil gemar mengonsumsi sayur dan buah. Baik dalam wujud makanan ataupun minuman. Tapi banyak yang tidak memperhatikan tentang kebersihan dan kematangan buah dan sayur tersebut.

Selain memastikan bahwa sayur dan buah yang akan dikonsumsi sudah matang, ibu hamil juga wajib memastikan bahwa sayur dan buah tersebut sudah dicuci bersih di bawah air yang mengalir.

Perempuan biasanya juga sangat menyukai cokelat. Ibu hamil mungkin belum tahu bahwa cokelat juga mengandung kafein. Sedangkan kafein sendiri, dalam dosis yang banyak dapat meningkatkan risiko keguguran atau bayi lahir dengan berat badang yang rendah.

Dilansir oleh kompas.com, kafein tidak hanya ada di kopi saja, melainkan juga di produk lainnya, seperti cokelat, minuman berenergi, obat flu, dan minuman bersoda. Jika pun memang perlu mengonsumsi kafein, maka jumlah yang disarankan sebanyak 200 mg.

Kemudian, terkait susu, ibu sangat disarankan untuk meminum susu yang sudah dipasteurisasi. Kalau pun ingin mengonsumsi susu mentah yang segar, maka pastikan untuk merebusnya hingga matang.

Intinya, makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tidak hanya asal banyak gizinya saja. Tapi yang perlu diperhatikan adalah kebersihan dan kematangannya. Sebab, walaupun gizinya banyak, tapi kalau mengandung parasit, bakteri, dan mineral berbahaya malah justru akan membahayakan kesehatan bayi di dalam kandungan.

Ibu wajib tahu makanan dan minuman yang memiliki potensi berbahaya untuk buah hati dalam kandungan. Karena bagaimanapun juga, apa yang dikonsumsi oleh ibu hamil akan memengaruhi kesehatan bayi dalam kandungan.

Sumber gambar: baruterus.com

Punkaz D. Singaraska

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Mengapa Seseorang Masih Ingin Sendiri (Ngejomblo) Saja

Mengapa Seseorang Masih Ingin Sendiri (Ngejomblo) Saja?

Cara Bikin Mie Instan Enak Dan Lezat

Cara Bikin Mie Instan Enak Dan Lezat