Hidup Hemat Itu Bukan Sekadar Perkara Uang Lalu
Sumber gambar: palembang.tribunnews.com
in

Hidup Hemat Itu Bukan Sekadar Perkara Uang, Lalu?

UGET UGET Apa yang sebenarnya melandasi seseorang untuk hidup hemat sehari-harinya? Mungkin jawaban terbesar adalah agar kita juga bisa menghemat uang. Memang jawaban itu tidak keliru. Uang jadi alasan terbesar saat seseorang memilih untuk hidup hemat. Lalu, apakah itu adalah satu-satunya alasan?

Jika memang hemat itu hanya didasari oleh uang, itu berarti orang-orang kaya yang uangnya selalu mengalir tidak perlu berperilaku hidup hemat? Saya rasa memang pengertian hemat lebih dari itu.

Memang bukan sebuah rahasia lagi, kalau orang yang memiliki uang banyak lebih bebas dan sesuka hari membeli hal-hal yang mereka inginkan. Jauh berbeda dengan mereka yang uangnya pas-pasan. Itu sudah menjadi batasan masing-masing setiap orang. Batasan pula dalam berhemat.

Lebih dari sekadar perkara uang, hidup hemat juga berkaitan dengan perilaku konsumtif dan bagaimana kita harus mengendalikannya. Jika manusia menuruti semua yang diinginkannya, makan sepertinya dia ingin berusaha untuk membeli dunia seisinya. Mengapa begitu? Karena manusia tidak akan bisa puas dengan apa yang dia miliki.

Kalau tidak ada sebuah kontrol dalam diri untuk mengendalikan keiinginan tersebut, tentunya akan sulit untuk bisa mencapai kata puas. Bahkan mungkin akan jauh dari hal itu. Untuk itulah diperlukan embel-embel hidup hemat agar kita bisa mengontrol segala keinginan yang ada.

Jika memang sebenarnya kita bisa dan mampu untuk membeli sesuatu, maka pikirkan dan berhematlah dengan tujuan menahan besarnya sifat konsumtifmu. Sudah waktunya kita patuhi perintah untuk bisa memilahkan mana kebutuhan dan mana keinginan. Dengan begitu kita akan lebih tahu mana yang seharusnya dan sepantasnya didahulukan, dan mana keinginan yang tidak harus kita manjakan.

Memiliki banyak uang bukan lantas kita berhak menghambur-hamburkannya. Bukan pula berarti kita bebas menuruti semua nafsu yang ada untuk selalu menuruti keinginan kita. Jika memang uang tidak dapat menjadi alasan untuk hidup hemat, setidaknya lakukan itu untuk belajar mengendalikan diri kita sendiri.

Karena bagaimana pun, kita harus menjadi pribadi yang mampu bersikap dengan baik dan mampu pula mengendalikan diri sendiri. Bukan sebaliknya menuruti hal-hal yang tidak penting. Hidup hemat melatih kita untuk lebih cermat.

Sumber gambar: palembang.tribunnews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Inilah Rapor Tiga Tahun Kerja Bersama Jokowi JK 2

Inilah Rapor Tiga Tahun Kerja Bersama Jokowi JK

Ini Tandanya Cintamu Hanya Cinta Palsu

Ini Tandanya Cintamu Hanya Cinta Palsu