Kepekaan Hidung Kita Bisa Deteksi Tanda Orang Mau Meninggal Lho
Sumber gambar: indonesia-heritage.net
in

Kepekaan Hidung Kita Bisa Deteksi Tanda Orang Mau Meninggal Lho

UGET UGET – Hidung merupakan alat indra yang sangat berguna bagi kelangsungan hidup manusia. Hidung membantu proses pernapasan, yang dapat memperlancar kerja jantung, otak, dan tubuh kita. Di samping sebagai alat pernapasan, hidung juga berfungsi sebagai indra penciuman. Kerennya, hidung bisa mendeteksi tanda orang mau meninggal lho.

Hidung lengkap dengan dua lubang yang berfungsi sebagai keluar masuknya oksigen dan karbondioksida. Itulah fungsi pernapasan. Namun sebagai indra penciuman, hidung juga bisa menghirup aroma, bau, atau pun gas.

Nah kabarnya, hidung kita bisa mendeteksi orang yang akan segera meninggal lho. Ini dibuktikan dalam sebuah studi yang dilakukan oleh seorang peneliti dari Arkansas Tech University. Penelitian tersebut benar menemukan fakta bahwa hidung manusia bisa membaca tanda bahaya melalui aroma.

Bagaimana cara mengenali aromanya? Dilansir bobo.grid.id, ketika tubuh mati dan hancur, ada senyawa yang dilepaskan bernama putresin. Putresin ini mengeluarkan aroma busuk akibat adanya dekomposisi atau penguraian.

Saya juga pernah mengalami keadaan ini. Tepatnya ketika Papa saya meninggal. Saya juga mencium bau busuk yang anehnya tidak hanya sekali tercium. Pada awalnya saya mengira bau itu semacam bau mulut.

Saya mencoba untuk berpikir positif. Meskipun saya tahu bau mulut tak akan separah ini. Apalagi kala itu saya mencium bau busuk itu di sekolah. Notabene semua teman saya tentunya mandi pagi. Kalau pun ada yang tidak mandi, paling belum mandi sehari. Keheranan saya pun membuat saya mengingat bau busuk itu dengan cermat.

Mulanya saya menganggap biasa kemunculan bau ini. Dalam keadaan sadar, mungkin saya tidak mengenali aroma itu. Dan persis sebanyak dua kali sebelum Papa saya meninggal, saya mencium bau busuk itu. Kala itu hal yang saya lakukan hanya reaksi simpel berupa menutup hidung.

Anehnya, bau itu bisa muncul di tempat yang berbeda. Dua kali di sekolah sebelum Papa meninggal, dan dua kali setelahnya. Saya baru menyadari bau ini muncul dari jenazah Papa saya, tepatnya ketika saya menangis di samping beliau.

Sedih mengiris hati, ternyata bau itu adalah pertanda. Dan sekarang saya bisa mengetahui penjelasan ilmiahnya melalui penelitian peneliti dari Arkansas Tech University ini. Namun pengalaman saya tak berhenti sampai di situ. Sebab saya masih mencium bau itu kembali.

Saya kembali mencium bau busuk itu tepatnya sehari setelah sepeninggal Papa. Dan anehnya, itu terjadi di sekolah. Padahal jenazah sudah dikebumikan. Rumah sudah bersih dan harum. Namun bau itu muncul saja seketika.

Untuk pengalaman yang satu itu, saya juga masih heran. Namun sayangnya peneliti tidak menyebutkan secara jelas, kapan dan dalam radius jarak berapa jauh bau busuk itu bisa tercium. Apakah sebelum atau pasca seseorang meninggal? Bau busuk itu masih menjadi misteri bagi saya.

Sumber gambar: indonesia-heritage.net

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

AC Milan vs Ludogorets Masihkah Kami Harus Bersabar, Silva

AC Milan vs Ludogorets: Masihkah Kami Harus Bersabar, Silva?

Alas Kaki Bergambar Foto Mantan, Cara Balas Dendam Secara Halus

Alas Kaki Bergambar Foto Mantan, Cara Balas Dendam Secara Halus