Pentingnya Berhemat Saat Bulan Puasa, Terutama Tahun Ini
Sumber gambar: adomatic.us
in

Pentingnya Berhemat Saat Bulan Puasa, Terutama Tahun Ini

UGETUGET – Berbicara bulan puasa, dan jika menurut hitungan ekonomis sederhana, seharusnya kita bisa berhemat selama sebulan penuh. Namun angan tinggalah angan. Saat undangan bukber datang, sedang kebutuhan ekonomi kita makin banyak, pasti kita angan berusaha untuk mengatasinya. Dan cara yang paling sering digunakan adalah dengan tidak datang sama sekali. Tanpa informasi dan kejelasan. Maka wajar jika para mantan panitia bukber pun kemarin pada curhat di twitter dan mengeluarkan unek-uneknya secara bersamaan.

Namun tunggu dulu. Anda memang tidak salah, namun caranya pun juga tidak benar. Tindakan Anda bisa dikatakan sebagai antisipasi atas melonjaknya kebutuhan saat lebaran nanti. Terutama jika Anda memutuskan untuk pulang kampung dan menghabiskan waktu lebaran di kampung. Pasti akan banyak barang-barang yang harus dibeli atau dikonsumsi.

Di sinilah pentingnya kita untuk berhemat dengan memperhitungkan semua pengeluaran, terutama di bulan Ramadhan tahun ini. Apabila kita begitu saja terbuai tanpa menghemat, bisa kacau nanti saat momen lebaran. Lalu bagaimana caranya? Tenang, saya akan jelaskan beberapa tips yang semoga bermanfaat untuk Anda.

Pertama, tentukan dana yang pas untuk berbuka puasa. Pas disini dalam artian jumlah yang tepat untuk mendapatkan porsi makanan yang membuat kita kenyang. Mengingat kita sudah menahan lapar selama hampir 12 jam, jika tidak ditentukan sejak awal, pasti kita akan menjadi orang gila saat berhadapan dengan makanan. Apapun jenis makanan seakan-akan bisa masuk ke perut kita.

Pentingnya Berhemat Saat Bulan Puasa, Terutama Tahun Ini
Sumber gambar: adomatic.us

Kedua, jalankan manajemen keuangan yang telah tertata rapi. Penting untuk tetap menjalankan kebiasaan mengatur keuangan yang telah dijalankan sebelumnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada pengalihan dana belanja yang akhirnya malah menjadi tidak terkontrol.

Ketiga, belanja sekali waktu. Ramadhan selalu menjadi waktu yang tepat bagi tempat perbelanjaan untuk melakukan diskon besar-besar. Seakan-akan mereka menjelma seta penggoda yang sedemikian kuat merayu iman ibu-ibu muslim di seluruh Indonesia. Untuk menghindari hal ini, belanjalah banyak barang yang dibutuhkan dalam sekali waktu. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir informasi adanya diskon besar yang dimiliki setiap pusat perbelanjaan.

Keempat, terima undangan buka bersama yang penting-penting saja. Meskipun ruang sosial itu perlu dan terkadang menjadi wajib, tapi tips ini pasti bisa dijalankan. Untuk poin ini, Anda sepenuhnya menjadi pusat pengambilan keputusan, karena Andalah yang paling mengetahui akan ikut bukber di mana atau tidak akan mengikuti bukber yang mana.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Apple Buka Sekolah di Indonesia Lho, Tertarik Ikut?

Apple Buka Sekolah di Indonesia Lho, Tertarik Ikut?

Acara Buka Puasa Bersama Akan Lebih Berkesan Jika Kamu Memperhatikan 5 Hal Berikut Ini

Acara Buka Puasa Bersama Akan Lebih Berkesan Jika Kamu Memperhatikan 5 Hal Berikut Ini