Hari Pertama Masuk Sekolah 2018 Dari Berebut Bangku Hingga Larangan Perploncoan
Sumber gambar: cnnindonesia.com
in

Hari Pertama Masuk Sekolah 2018: Dari Berebut Bangku Hingga Larangan Perploncoan

UGET-UGET | Hari Senin, tanggal 16 Juli 2018 adalah hari pertama masuk sekolah para murid sekolah. Tentu saja ada hal menarik dari hari pertama sekolah ini. Selain itu larangan perploncoan juga mulai ditegakkan di beberapa akhir tahun ini. Untuk itu sekolah dilarang membuat acara/kegiatan atau Masa Orientasi Siswa yang tidak mendidik.

Hari Pertama Sekolah: Memperkenalkan Diri dan Berebut Bangku

Hari pertama masuk sekolah menjadi hal spesial bagi banyak murid, khususnya untuk anak SD kelas 1 yang baru mulai sekolah. Mereka kini menduduki jenjang yang lebih tinggi yang sebelumnya mereka masih di bangku TK. Bertemu dengan teman-teman baru pun menjadi hal yang menyenangkan.

Hari Pertama Masuk Sekolah 2018 Dari Berebut Bangku Hingga Larangan Perploncoan
Sumber gambar: merdeka.com

Hari pertama sekolah tentu saja identik dengan perkenalan siswa. Murid-murid kelas 1 biasanya masih malu jika diminta untuk memperkenalkan diri. Untuk itu tak heran apabila di tingkat SD banyak ditemui orang tua yang mengantarkan hingga menemani anaknya di luar kelas guna memberi semangat kepada anaknya.

Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun juga mendukung imbauan orang tua untuk mengatarkan anaknya di hari pertama masuk sekolah.

Dilansir dari CNN Indonesia, menurut Komisioner KPAI Bidang Pendidikan, Retno Listyarti peran orang itu merupakan wujud dukungan terhadap semangat anak-anaknya untuk kembali bersekolah setelah libur panjang,

“Kami pun mendorong sekolah menyiapkan diri menyambut para orang tua dan anaknya masuk sekolah kembali. Tidak sekedar menurunkan anaknya di sekolah dari kendaraan, tetapi juga mengantar masuk ke kelas sang anak,” ujarnya.

Hal unik yang terjadi ketika hari pertama sekolah lainnya adalah berebut bangku. Nampaknya hal ini sudah menjadi tradisi. Banyak murid yang ingin duduk di tempat yang menurutnya nyaman dan enak.

Dilansir dari Merdeka.com, pemandangan berebut bangku itu terlihat di SDN Gempol Kolot 1, Desa Gempol Kolot, Kecamatan Banyusari, Karawang. Sejak pagi beberapa orang tua dan murid mulai mendatangi sekolah untuk berebut bangku.

Banyak murid kelas 1 yang berebut bangku agar dapat duduk di deretan depan. Para murid ini pun juga dibantu orang tua mereka.

Salah satu orang tua murid, Edi (40) menuturkan memilih tempat duduk yang paling depan agar harapannya anaknya dapat belajar dengan optimal.

Hari Pertama Sekolah: Larangan Perploncoan

Sudah menjadi hal umum di Indonesia ketika waktu Masa Orientasi Siswa (MOS) dulu banyak kasus perploncoan. Mulai dari diberi tugas untuk membawa barang yang sulit didapat hingga adanya kasus kekerasan fisik.

Beberapa tahun terakhir ini kasus perploncoan mulai dilarang. KPAI pun juga mengingatkan kepada pihak sekolah untuk menghentikan kegiatan perplonocan dalam Masa Orientasi Siswa. Begitu pula dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendi turut melarang kegiatan perploncoan tersebut.

Hari Pertama Masuk Sekolah 2018 Dari Berebut Bangku Hingga Larangan Perploncoan
Sumber gambar: cnnindonesia.com

Ketika diwawancarai, Muhadjir mengutarakan kalau masih ada perploncoan akan diberikan sanksi berupa teguran.

“Kalau ada perploncoan akan saya beri sanksi. Sanksinya ya ditegur,” kata Muhadjir di Malang, Jawa Timur, Senin, 16 Juli 2018.

Dilansir dari Merdeka.com, sesuai dengan Pasal 7 Permendikbud Nomor 18/2016, terdapat sanksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) apabila terjadi pelanggaran saat Masa Orientasi Siswa (MOS). Sanksi berupa teguran tertulis, kemudian tindakan lain yang bersifat edukatif, pemberhentian bantuan dari pemerintah daerah, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Drama Descendants of the Sun Versi Vietnam Dikabarkan Akan Tayang Tahun Ini

Drama Descendants of the Sun Versi Vietnam: Dikabarkan Akan Tayang Tahun Ini

Si Cantik Egha Latoya bersama Puisi

Artis dan Selebritis, Gambaran Si Cantik Egha Latoya bersama Puisi