Hanya di Indonesia! Bus Asik Balapan di Jalan Tol ala Anime 90’an
Sumber gambar: komunita.id
in

Hanya di Indonesia! Bis Asik Balapan di Jalan Tol ala Anime 90’an

UGETUGET – Di Indonesia, bus -sering diucap bis- menjadi salah satu moda transportasi yang masih banyak digemari. Meski perkembangan moda transportasi makin beragam dan makin murah untuk ukuran kebanyakan orang, seakan menjadi madu yang tidak bisa ditinggalkan lebah, bis tetap memiliki pesona tersendiri bagi sebagian masyarakat.

Mereka rela merogeh kantong lebih dalam dan menikmati waktu perjalanan yang lebih panjang demi sensasi berbagi pengalaman perjalanan menggunakan bis. Ini adalah suatu hal yang saya gagal pahami.

Bahkan, ada juga wadah yang menjadi tempat berkumpulnya para penggemar bis yang disebut BisMania Community. Di komunitas ini, Anda bisa mendapatkan berbagai macam cerita dari berbagai PO (Perusahaan Otobis) di seluruh Indonesia; lengkap dengan review kualitas bis, pengalaman pribadi dan bumbu penyedap cerita.

Mulai dari bis dalam kota, bis antar kota antar provinsi, hingga bis antar pulau. Semua informasinya tersedia lengkap. Pun ada data statistik tingkat kecelakaan yang dimiliki setiap PO, sehingga memudahkan Anda mencari jenis PO apa yang diinginkan. Anda penasaran? Bisa Anda lihat kegiatan para anggota BisMania melalui akun sosial media mereka.

Dari beragam informasi mengenai bus yang saya dapatkan dari BisMania, dan jujur berbagai informasi tersebut benar-benar membantu saya untuk lebih mengenal kendaraan transportasi yang saya gunakan, ada satu informasi yang telah menjadi rahasia umum namun jarang disebarkan di dunia maya. Informasi ini adalah tentang adanya balapan antar bis yang seringkali terjadi di jalan tol.

Hanya di Indonesia! Bus Asik Balapan di Jalan Tol ala Anime 90’an
Sumber gambar: komunita.id

Pertama kali saya mendapatkan informasi ini, saya setengah tidak percaya. Coba Anda bayangkan, bis berukuran besar yang hampir memenuhi separuh jalan, dengan beban penumpang yang tidak sedikit pula, ditambah daya manuver serta kecepatan yang pastinya terbatas, dipaksa untuk melakukan aksi balap-balapan di jalanan. Terlebih, balapan ini tidaklah berdasarkan taruhan pun hadiah besar. Melainkan berdasarkan permintaan penumpang.

Jadi, menurut informasi yang saya dapat langsung dari anggota BisMania (yang identitasnya tidak bisa saya sebarkan), biasanya anggota BisMania akan menyewa satu bis untuk perjalanan tertentu. Bisa dipakai buat liburan, pulang ke daerah asal secara bersama-sama seperti saat lebaran, atau hanya iseng menghabiskan waktu luang.

Saat perjanjian awal, biasanya salah satu perwakilan BisMania akan meminta sang supir untuk memberikan atraksi lebih. Dan yang dimaksud dengan atraksi di sini adalah tentunya balapan. Permintaan ini dibarengi dengan penambahan tip bayaran agar supir pun lebih bersemangat dalam menjalankan pekerjaannya.

Maka, tinggal menunggu ruang dan lawan yang tepat, mereka bisa merasakan adrenalin yang meningkat dari kecepatan dan aksi balapan bis yang biasanya dilakukan di jalan tol. Anda ingin mencobanya? Barangkali Anda bisa merancang rencana sejak sekarang untuk mudik bersama menggunakan bis, dan menghubungi supir yang tepat untuk melakukan hal yang hanya ada di Indonesia ini.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Percayalah, Flash Sale Tokopedia Itu Nyata. Tapi…

Percayalah, Flash Sale Tokopedia Itu Nyata, Tapi…

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet

Kelebihan Berat Badan? Bulan Puasa Ini Adalah Langkah Awal Untuk Mulai Diet