Kayuh Wooden Bike: Hal yang Membanggakan dari Indonesia
Sumber gambar: Twitter @dididiarsa
in

Kayuh Wooden Bike: Hal yang Membanggakan dari Indonesia

UGET-UGET | Jika kita teliti membaca informasi, banyak hal membanggakan yang berasal dari Indonesia dan terkenal di berbagai penjuru dunia. Jadi, jangan buru-buru pesimis menganggap negara kita kalah jauh dengan negara lain, ya. Karena banyak juga prestasi maupun produksi dalam negeri yang justru menjadi primadona di negara lain. Salah satunya adalah Kayu Wooden Bike.

Kayuh Wooden Bike adalah sepeda kayuh listrik yang, oleh penggagasnya, diklaim yang pertama di dunia. Sepeda unik ramah lingkungan ini berbahan dasar dari kayu dan berhasil menggabungkan teknologi, kultur dan alam. Ide produksi sepeda ini sendiri berasal dari tiga pemuda dari Depok, Jawa Barat, yakini Didi Diarsa, Maulidan Isbar dan Gambar T. Ardhika.

Menurut mereka, penciptaan awal sepeda ini terinspirasi dari tiga hal, yakni keinginan untuk memanfaatkan kayu, menyebarkan gaya hidup bersepeda dan meminimalisir masalah kemacetan serta polusi yang menjadi ciri khas kota besar.

“Ide awalnya sih sebenarnya karena saya cinta lingkungan,” jelas Didi, salah satu pemilik dan pendiri Kayuh Indonesia kepada IDN Times.

Dalam produksinya, ketiga pemuda ini mengaku menggunakan kayu limbah pohon karet. Jumlahnya yang sangat banyak di Indonesia, Mauidan menjelaskan bahwa sayang jika pada akhirnya sisa pohon karet yang tidak terpakai untuk industi malah terbuang percuma.

Maulidan menjelaskan bahwa sisa pohon karet yang tidak terpakai dalam jumlah besar itu bisa dimanfaat dengan baik olehnya dan kawan-kawan. Selain itu, kualitas kayu karet yang dianggap lebih awet dan elastis dibandingkan pohon lain, menjadikan ketiga pemuda ini bebas dalam berkreasi menciptakan desain sepeda kayuh kayu mereka.

Cara Produksi

Maulidan menjelaskan, sebelum ia bersama dua rekannya mulai memproduksi sepeda, mereka mengadakan riset khusus selama delapan bulan. Riset ini dilakukan untuk mencari tahu dan memahami teknik bending (pembengkokan dan penekukan) kayu yang bisa digunakan untuk membuat frame atau rangka sepeda. Dalam riset tersebut, mereka menemukan bahwa kayu memiliki daya elastisitas yang sangat tinggi.

Kayuh Wooden Bike: Hal yang Membanggakan dari Indonesia
Sumber gambar: Twitter @dididiarsa

“Kayu karet dibengkokkan, bisa menekuk atau melipat dari ujung ke ujung,” ungkap Maulidan.

Menurutnya, banyak teknik yang sudah dikembangkan untuk produksi sepeda kayu. Namun, orang yang menggunakan teknik bending seperti yang dirinya gunakan tidak ada.

“Jadi ini inovasi baru yang base on nature, berbasis alam,” paparnya.

Oleh karena itu, Maulidan bersama kedua rekannya mengklaim bahwa sepeda kayu produksi mereka bisa bertahan paling tidak hingga lima tahun. Dengan catatan, perawatan sepeda tidak boleh sampai basah.

Selain kayu, keunggulan Kayuh Wooden Bike yang lain adalah penggunaan teknologi yang disebut sistem elektrik hybrid. Sistem ini memungkinkan pemakai sepeda untuk memilih menggunakan pedal atau tenaga listrik sebagai tenaga penggerak.

“Kita gabungkan kekuatan alam, teknologi dan kultur. Prinsip ini agar ini juga bisa menjaga keberlanjutan (sustainability), kesinambungan tetap dijaga sebagai bentuk pengupayaan,” tegasnya.

Keunikan yang ada di sepeda ini, membuatnya sebagai primadona dan laris di pasar mancanegara. Tercatat, pada tahun 2017 lalu, sepeda ini mendapatkan pesanan untuk dikirim ke negara Spanyol, Inggris, Belanda, Australia hingga Dubai. Dalam sebulan, Didi dan Idan mengaku bisa mengantongi omzet mencapai Rp 200 juta.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Tupperware Sekarang Bisa Digadaikan, Lho. Tapi…

Tupperware Sekarang Bisa Digadaikan, Lho. Tapi…

Produk Baru dari Jepang Untuk Mengatasi Sepatu Bau, Tertarik Membelinya

Produk Baru dari Jepang Untuk Mengatasi Sepatu Bau, Tertarik Membelinya?