7 Hal yang Harus Dihindari Dalam Fotografi uget uget
Sumber gambar: id.pinterest.com
in

7 Hal yang Harus Dihindari Dalam Fotografi

UGET UGET – Siapa yang baru belajar fotografi? Belajar fotografi ternyata tak hanya asal memotret saja. Ada 7 hal yang harus dihindari dalam fotografi supaya hasilnya tampak bagus.

Beberapa hal tersebut menyangkut bagaimana komposisi dalam fotografi dipertimbangkan. Komposisi adalah penyusunan elemen-elemen foto di dalam batasan ruang.

Tujuan komposisi adalah mengharmonisasikan elemen menjadi satu kesatuan. Jadi, elemen-elemen foto seperti garis, tekstur, warna, bentuk, dan ruang, disusun secara seimbang, sehingga hasilnya tampak bagus.

Oleh karena itu, ada 7 hal yang harus dihindari dalam fotografi sebagai berikut.

  1. Objeknya menumpuk

Yang dimaksud dengan objek menumpuk adalah objek yang tidak hanya terdiri dari satu, melainkan lebih dari satu objek yang tersusun secara menumpuk.

Misalnya gambar sawah terasering jika diambil foto akan terlihat seperti menumpuk antara sawah satu dengan sawah lainnya. Nah, pengambilan foto yang seperti itu seharusnya mempertimbangkan pembatas komposisi.

Artinya, harus ada satu garis yang dijadikan pusat dari gambar sawah terasering, yaitu tepi sawah terasering. Dengan begitu, mata kita tidak akan pusing melihat objek yang menumpuk. Prinsipnya kenali objekmu dulu, baru pakai teknik fotografi.

  1. Latar belakang yang menumpuk

Jika hanya ada satu objek saja yang akan difoto dengan posisi objek berada di depan, kalian harus mempertimbangkan latar belakangnya atau background. Latar belakang yang menumpuk akan mengganggu pandangan mata karena objek utamanya menjadi tidak fokus. Oleh karena itu, hindari latar belakang yang menumpuk supaya objek utamanya menjadi fokus.

  1. Sudut pandang biasa

Apabila ingin mengambil suatu gambar hindari sudut pandang yang biasa. Sudut pandang biasa artinya sudut pandang dalam memotret sudah biasa dilakukan oleh khalayak. Misalnya, pengambilan gambar dari depan objek itu terlalu biasa.

Jika ingin membuat terkesan berbeda, kalian bisa mengambil gambar dari arah samping objek. Jadi, pengambilan gambar dari arah depan objek itu terlalu biasa digunakan, sehingga hasilnya juga terkesan biasa.

  1. Setting tidak natural

Ketika kalian ingin mengambil foto kisah seseorang di sebuah pasar dengan mengambil objek seorang pedagang, alangkah baiknya kalian mengambil gambar secara natural atau alami. Biarkan pedagang tersebut melakukan aktivitasnya menjual dagangan tanpa terganggu oleh kehadiran kamu yang ingin mengambil gambarnya.

Caranya kalian tetap meminta izin kepada pedagang tersebut jika kalian ingin mengambil gambarnya, tetapi katakan padanya kalau ia tetap melakukan aktivitasnya seperti biasa.

Cara yang seperti itu akan membuat kesan yang lebih natural tanpa mengganggu objeknya. Jadi, jangan sampai sang pedagang merasa terganggu, sehingga hasilnya terkesan dibuat-buat.

  1. Terlalu jauh dengan objek

Apabila kalian ingin mengambil gambar tukang becak, kalian harus mengambil jarak yang tidak terlalu dekat, tetapi tidak terlalu jauh. Pengambilan gambar yang terlalu jauh, nanti hasilnya tidak akan tajam atau gambar tersebut tidak berbicara. Tidak ada cerita dalam gambar tersebut.

Kalau kalian ingi mengambil objek yang jaraknya cukup jauh, gunakan tele supaya hasilnya tampak lebih jelas. Ingat bahwa setiap kamera memiliki keterbatasan jarak. Hal ini berhubungan pula dengan penjelasan keenam berikut ini.

  1. Malu mendekat ke objek

Malu mendekat ke objek sepertinya sering dialami oleh semua orang yang baru belajar fotografi. Terkadang kalian ingin mengambil objek kisah seseorang, tetapi malu mendekat ke objek ketika mengambil gambar. Hasilnya jadi tidak optimal.

Sifat malu ini lebih baik ditinggal dulu di rumah, kemudian nanti ambil lagi kalau sudah selesai pengambilan gambar. Jangan sampai kita kehilangan moment hanya karena malu.

  1. Rekayasa hasil foto berlebihan

Buat kalian yang ingin tampil wajah cantik atau mengubah atau mengedit hasil foto hindari pengeditan yang berlebihan. Misalnya, wajah kalian tampak hitam kemudian diedit menjadi putih, tapi terlalu putih, sehingga kontras dengan warna kulit yang lain atau hasilnya menjadi tidak terkesan natural atau elegan.

Misalnya lagi, kalian memfoto sebuah bangunan berwarna hijau, kemudian kalian ubah menjadi warna ungu atau merah. Lebih baik jangan lakukan itu, ya. Kenapa? Karena hasilnya akan tampak terlalu dimanipulasi dan itu terlalu kontrak.

Kalau ingin diberi efek sedikit gelap mungkin boleh saja. Asalkan tidak terlalu berlebihan.

Jadi, itulah 7 hal yang harus dihindari dalam fotografi yang perlu kalian pahami. Ingat kenali objekmu dulu, baru lakukan tekniknya. Hasil gambar yang bagus adalah yang bisa mewakili sejuta cerita.

Sumber gambar: id.pinterest.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen

Tindakan Bijak yang Dapat Kamu Lakukan Ketika Seminar Proposal Harus Ditunda oleh Dosen

Bola Sepak Terkuat di Dunia, The One World Futbol uget uget

Bola Sepak Terkuat di Dunia, The One World Futbol