Hal Penting Yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Sedang Mengerjakan Skripsi
Sumber gambar: puteka85.blogspot.co.id/2013/09/5-tempat-untuk-backup-data-anda.html
in

Hal Penting Yang Wajib Kamu Lakukan Ketika Sedang Mengerjakan Skripsi

UGET UGETIbarat seperti ujian nasional yang sangat ditakuti oleh siswa-siswi, begitu pula dengan skripsi yang terkadang menjadi beban oleh mahasiswa. Mungkin bisa dikatakan skripsi itu mudah. Iya mudah jika kita sudah menemukan judul yang disetujui dosen, teori-teori yang digunakan dapat dengan mudah ditemukan, atau dalam pengambilan data pun juga tidak terlalu ribet. Skripsi itu tidak mudah seperti yang dibayangkan. Ada hal penting yang wajib dilakukan ketika sedang mengerjakan skripsi. Apa saja itu?

Pertama adalah back up data skripsi.

Ini adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh mahasiswa. Sudah terlalu banyak cerita-cerita mahasiswa yang kehilangan data skripsi akibat datanya tidak di ­back up. Mulai dari laptop yang rusak, media penyimpanan seperti flash disk rusak atau hilang, dan masalah klasik lainnya.

Bukannya menakut-nakuti atau bagaimana, namun saya sarankan ketika sedang mengerjakan skripsi jangan lupa di-back up. Pertama, ketika kamu mengerjakan skripsi pakai laptop atau komputer, simpanlah di situ. Setelah itu jika kamu memiliki flash disk atau hard disk, kamu juga wajib mem-back up data skripsimu di media penyimpanan tersebut. Untuk menghindari kehilangan data, kamu juga wajib menyimpannya di google drive.

Mulai sekarang setiap kali kamu mengerjakan skripsi jangan lupa untuk mem-back up datanya. Nggak mau kan kehilangan data skripsi yang udah dikerjakan dengan penuh perjuangan?

Kedua adalah perhatikan kesalahan dalam penulisan (typo).

Meskipun kamu sedang keasikan mengetik, jangan lupa perhatikan tulisan yang sudah kamu ketikan. Hindari kesalahan dalam penulisan, karena kalimat-kalimat yang terlalu banyak kesalahan juga tidak nyaman untuk dibaca, lho. Setiap kali kamu selesai mengetik, coba perhatikan tulisanmu apakah ada kesalahan penulisan atau tidak? Tanda bacanya sudah benar atau belum? Lebih teliti lagi ya kawan dalam menulis skripsi.

Ketiga adalah perhatikan format penulisan.

Setiap kampus biasanya memiliki format penulisan skripsi masing-masing, lho. Meskipun kamu memiliki penelitian yang relevan dari kampus lain, namun format penulisannya jangan disamakan dengan kampus tersebut.

Kamu harus buka buku panduan skripsi yang sudah dibagikan dari pihak kampus. Coba perhatikan pasti beda format penulisan skripsi antara kampus satu dengan yang lain. Lebih teliti lagi ya kawan, misalnya dalam penataan margin, spasi, dan lain-lain.

Keempat adalah jangan lupa menulis sumber.

Menulis sumber itu juga menjadi hal penting yang wajib kamu lakukan, lho. Setelah kamu selesai menulis berbagai teori dari buku-buku, jangan lupa menulis sumbernya. Siapa pengarangnya, apa judul bukunya, halaman berapa yang sudah kamu kutip? Jangan lupa, ya ditulis sumbernya.

Kelima adalah jangan copy-paste.

Skripsi itu adalah karya ilmiah yang dibuat oleh mahasiswa S-1. Jangan sampai kamu asal copy-paste skripsi yang pernah ada ya. Ini adalah perbuatan plagiat, lho. Jadi, hindari copy-paste, ya. Ubahlah menjadi kata-katamu sendiri dan juga jangan lupa ditulis sumbernya.

Itulah hal penting yang wajib kamu lakukan ketika sedang mengerjakan skripsi. Aplikasikan ke dirimu sendiri ya. Semoga sukses skripsinya!

Sumber gambar: puteka85.blogspot.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Sederhana untuk Memperoleh Ketenangan di Hidup Ini

Cara Sederhana untuk Memperoleh Ketenangan di Hidup Ini

Arsenal vs Manchester City Misi Balas Dendam yang Gagal Total

Arsenal vs Manchester City: Misi Balas Dendam yang Gagal Total