Wow! Guru SD Ini Beri PR Untuk Menghitung 100 Juta Bulir Beras
Sumber gambar: liputan6.com
in

Wow! Guru SD Ini Beri PR Untuk Menghitung 100 Juta Bulir Beras

UGET-UGET  | Jika mengingat-ingat PR waktu sekolah dulu, apa sih tugas yang paling berat bagimu? Pernah mendapat tugas untuk menghitung bulir beras? Seperti yang dilakukan oleh guru SD ini yang memberikan tugas unik untuk muridnya.

Sudah menjadi hal biasa apabila seorang murid diberikan PR oleh gurunya. Namun, mungkin kamu tidak pernah terbayang dengan PR yang diberikan oleh guru SD ini.

Pasalnya, guru SD asal Foshan, Provinsi Guandong, Tiongkok ini memberikan tugas kepada muridnya untuk menghitung 100 juta bulir beras sebagai PR-nya.

Guru matematika bernama Su ini sontak langsung dibanjiri kritikan oleh oleh para orang tua murid. Para orang tua menuturkan bahwa tugas tersebut merupakan tugas penyiksaan.

Ditambah lagi sang guru memberikan waktu untuk menghitung beras dalam kurun waktu dua hari.

Meskipun banjir kritikan, tetapi nyatanya juga banyak yang mendukung tentang pemberian PR tersebut. Salah satu wali murid bermarga Mo mengutarakan pendapatnya bahwa PR tersebut dapat mengasah otak buah hatinya.

“Saya akan meminta putri saya menghitung 100 sampai 1.000 butir beras lebih dulu, lalu menimbangnya dan melipatgandakan angka tersebut hingga mencapai 100 juta butir agar dia memiliki pemahamam intuitif mengenai angka 100 juta,” ucap Mo.

Selain itu, kata Mo, PR ini juga membantu siswa untuk melatih kesabaran.

Wow! Guru SD Ini Beri PR Untuk Menghitung 100 Juta Bulir Beras
Sumber gambar: liputan6.com

Tanggapan Sang Guru

Saat banjir kritikan, sang guru pun memberikan tanggapannya. Ia memberikan tugas tersebut dengan maksud agar siswa bisa mendapatkan pengetahuan melalui kegiatan terapan.

“Saya akan mengajarkan angka 100 juta di kelas pekan depan dan saya berharap para murid memiliki pemahaman intuitif tentang angka 100 juta lewat tugas khusus,” ucap Su.

Awalnya guru SD tersebut menginginkan murid-muridnya mengitung 100 butir beras terlebih dahulu. Kemudian melipatgandakannya dengan angka 10 atau 100 hingga mencapai 100 juta.

Diselesaikan 10 Siswa

Meskipun PR ini cukup sulit, ternyata sudah ada 10 siswa yang berhasil menyelesaikan tugas tersebut. Mereka menghitung bulir beras tersebut menggunakan gelas ukur atau alat lainnya untuk menghitung beras.

“PR khusus ini membantu siswa mengembangkan kemampuan mereka untuk menganalisis dan memecahkan masalah,” ucap Su.

Sumber: Liputan6.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Putus Cinta Ini Alasan Mengapa Suatu Hubungan Memang Selayaknya Diakhiri

Putus Cinta? Ini Alasan Mengapa Suatu Hubungan Memang Selayaknya Diakhiri

Santapan Daging Ular yang Terkenal di Vietnam Mau Coba

Santapan Daging Ular yang Terkenal di Vietnam, Mau Coba?