Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo
Sumber gambar: www.vebma.com
in

Gumuk Pasir Di Pantai Parangkusumo

UGET UGET – Tempat wisata di Jogja kedua masih berada di pesisir pantai selatan Jogja. Namun yang ditekankan di tempat yang satu ini bukan keindahan pantainya, melainkan penawaran olahraga snowboarding gaya baru: sandboarding!

Ya. Anda biasa merasakan pengalaman snowboarding tanpa media salju, namun di gumuk pasir di Pantai Parangkusumo. Gumuk pasir hanya ada dua tempat di dunia. Yang pertama di Meksiko, dan yang kedua di Pantai Parangkusumo Jogja ini. Disini Anda bisa merasakan sensasi menuruni bukit pasir dengan papan seluncur yang tentunya sangat aman digunakan bahkan untuk pemula sekalipun. Well, tentu saja. Jika jatuh pun Anda akan jatuh di atas pasir, bukan di aspal.

Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan fenomena langka, dimana pasir-pasir tersebut merupakan sebuah hasil aktivitas vulkanik Gunung Merapi dan Merbabu yang konon terbawa oleh arus sungai Opak dan Progo.

Berada di antara Pantai Parangtritis dan Depok, Gumuk Pasir Parangkusumo ini menjadi tujuan para wisatawan yang hobi dengan olahraga sandboarding. Dengan ketinggian sekitar 20 meter, para wisatawan pun dapat meluncur sepanjang 200 meter. Jangan khawatir, para wisatawan juga sudah mendapatkan pengaman untuk siku, lutut dan helm sehingga tidak perlu takut untuk meluncur.

Rencananya Gumuk Pasir Parangkusumo ini akan terdaftar sebagai Unesco World Heritage karena merupakan fenomena alam yang tidak biasa dan merupakan satu-satunya di Asia Tenggara. Dengan luas dua kilometer dari muara Pantai Parangtritis dan Depok, menjadikan Gumuk Pasir Parangkusumo sebagai objek favorit bagi para fotografer. Karena eksotismenya, Area Gumuk Pasir Parangkusumo juga sering dijadikan sebagai areal syuting film maupun pembuatan video klip.

Gumuk pasir Parangkusumo tentu memiliki suhu yang tidak biasa, dimana pada siang hari akan terjadi suhu yang sangat panas dan terik. Namun pada malam hari, suhu pun akan berubah menjadi sangat dingin. Pasir yang terdapat di kawasan Gumuk Pasir Parangkusumo pun memiliki karakterisitik yang sama dengan gurun pasir yang terdapat di Meksiko.

Berlokasi di Desa Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, memasuki Gumuk Pasir Parangkusumo tidak perlu merogoh gocek yang banyak. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp 3.000,-, Anda sudah dapat menikmati keindahan destinasi wisata ini. Namun, bagi para pengunjung yang ingin mencoba olahraga sandboarding, Anda cukup membayar Rp 200.000,-/ orang (minimal enam orang) dengan durasi peminjaman selama dua jam.

Berbagai fasilitasi umum seperti toilet, tempat parkir, pos penjagaan, klinik kesehatan, tempat beribadah, warung makan, toko souvenir dan oleh-oleh serta beberapa penginapan disediakan tidak jauh dari area wisata ini. Berbagai resort yang tak jauh dari objek wisata ini juga menawarkan fasilitas yang menarik untuk melepas lelah seperti Queen of The South Resort, d’Omah Hotel, dan sebagainya.

Sumber gambar: www.vebma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bertamasya ke Panggung Hiburan Masa Hindia Belanda

Bertamasya ke Panggung Hiburan Masa Hindia Belanda

Jadilah Pemberani, Maka Kesuksesan Adalah Milikmu

Jadilah Pemberani, Maka Kesuksesan Adalah Milikmu