Gua Selarong Tujuan Para Wisatawan
Sumber gambar: www.jawapos.com
in

Gua Selarong Tujuan Para Wisatawan

UGET UGET – Jika berbagai destinasi wisata menawarkan pesona alam yang indah dan eksotik, untuk destinasi wisata satu ini dapat terbilang cukup berbeda dari destinasi wisata lainnya. Sebuah objek wisata berlokasi di deretan pegunungan kapur yang sejuk karena di sepanjang tempat tersebut banyak tumbuh pepohonan rindang ini kerap dijadikan sebagai tujuan berlibur para wisatawan. Ya, itulah Gua Selarong.

Sebuah objek wisata religius yang banyak digemari oleh para wisatawan ini banyak dijadikan sebagai tempat untuk bermeditasi dan melakukan berbagai ritual. Secara historis, Gua Selarong merupakan tempat yang memiliki nilai sejarah tentang perjuangan Pangeran Diponegoro saat melakukan gerilya dalam peperangan melawan penjajahan Belanda.

Singkat cerita, di gua tersebut laskar Pangeran Diponegoro telah diserang tiga kali oleh Belanda, yaitu pada tanggal 25 Juli, 3 Oktober, dan 4 Oktober 1825. Peperangan yang terjadi antara Laskar Pangeran Diponegoro dan Belanda itu dikenal dengan nama Perang Jawa yang berlangsung selama lima tahun, yaitu pada tahun 1825 – 1830.

Selain itu, bagi sebagian kalangan, gua ini dianggap memiliki nilai mistik dan mengandung misteri. Oleh sebab itu, banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini dengan melakukan berbagai ritual. Adem dan sepi adalah kesan yang didapatkan dari destinasi wisata satu ini. Destinasi satu ini cocok untuk menyepi di tengah hingar bingar kota hari ini.

Memasuki destinasi wisata tersebut, Anda akan dikenalkan dengan dua buah gua yang bernama Gua Kakung dan Gua Putri. Di depan gua dipasang pagar besi pembatas yang diberi pintu masuk. Hal itu agar keamanan terjaga, karena guanya berupa bukit batu kapur yang rawan longsor. Pagar tersebut juga digunakan sebagai pengaman dari gangguan pengunjung yang terkadang melakukan tindakan vandal.

Di lokasi tersebut terdapat pula dua buah sendang yang diberi nama Manik Maya dan Umbul Maya. Persis di atas gua ada dua makam yang diyakini sebagai para pengikut Pangeran Diponegoro ketika berjuang. Arena camping ground menjadi tawaran lain dari destinasi wisata satu ini.

Selama perjalanan menuju lokasi banyak dipasang penunjuk arah menuju ke Gua Selarong. Untuk dapat menikmati wisata di Gua Selarong, Anda dapat membayar tiket masuk sebesar Rp 2000,- per orang. Jika membawa kendaraan, maka Anda juga harus membayar biaya parkir. Fasilitas publik yang tersedia di tempat wisata Gua Selarong di antaranya adalah toilet umum, tempat ibadah, sarana bermain, gardu pandang, pendapa untuk beristirahat, dan bahkan dapat dijadikan sebagai bumi perkemahan jika Anda suka.

Sumber gambar: www.jawapos.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Keraton Yogyakarta, Istana Kebanggaan Masyarakat Jogja

Keraton Yogyakarta, Istana Kebanggaan Masyarakat Jogja

Menilik Tradisi Unik Suku Himba, Merias Rambut dengan Campuran Kotoran Sapi dan Lumpur Merah

Menilik Tradisi Unik Suku Himba, Merias Rambut dengan Campuran Kotoran Sapi dan Lumpur Merah