Gua Jomblang Dan Hutan Purba
Sumber gambar: piknikasik.com
in

Gua Jomblang Dan Hutan Purba

UGET UGET – Memiliki keistimewaan berupa fenomena alam yang sungguh melenakan, menjadikan gua satu ini sebagai tujuan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Gua berbentuk vertikal yang bertipe collapse doline ini merupakan sebuah lorong dengan panjang 300 m yang dihiasi dengan ornamen gua yang indah dan memiliki sebuah hutan purba yang berada di dasarnya.

Terbentuknya gua ini akibat dari proses geologi akan amblesnya tanah beserta vegetasi yang ada di atasnya ke dalam dasar dasar bumi yang terjadi selama ribuan tahun silam. Reruntuhan tersebut kemudian membentuk sebuah sinkhole atau sumuran dengan luas mulut gua berkisar 50 meter persegi.

Terletak di Desa Jetis Wetan, Kecataman Semanu, Kabupaten Gunungkidul ini memiliki pesona wisata gua yang disebut sebagai “Cahaya Surgawi”. Jika Anda menyusuri hingga ke dasar gua, Anda akan menemukan sebuah lorong alami yang merupakan penghubung antara Gua Jomblang dan Gua Grubug.

Memasuki gua ini, dibutuhkan sebuah skill atau teknik tali tunggal atau single rope technique (SRT). Bagi para pecinta caving, destinasi satu ini sangatlah cocok untuk menguji adrenalin Anda. Selain itu, untuk memasuki gua satu ini, diwajibkan untuk menggunakan peralatan khusus sesuai dengan standar keamanan caving di gua vertikal sekaligus didampingi oleh penelusur gua yang sudah berpengalaman.

Dengan ketinggian yang beragam mulai 40 hingga 80 meter, merupakan jarak rintangan yang harus dihadapi bagi Anda untuk menikmati keindahana gua satu ini. Namun, dengan kesulitan track yang harus dihadapi tersebut, keindahan dan kecantikan panorama yang dimiliki oleh destinasi wisata ini akan membayar seluruh jerih payah Anda.

Jika di atas, Anda hanya akan menikmati perbukitan karst dan pohonan jati yang meranggas, di perut gua ini Anda akan melihat pemandangan hijau dengan hutan yang amat subur. Beraneka lumut, paku-pakuan, semak, hingga pohon-pohon besar tumbuh merapat.

Disamping itu pula, pada mulut gua Jomblang yang sangat besar, aneka ornamen cantik seperti batu kristal, stalaktit, dan stalagmit yang indah turut menghiasi lorong pada mulut gua. Tak jauh dari sana terdengar gemuruh aliran sungai dan seberkas cahaya terang matahari yang menerobos masuk dari atas membentuk sebuah tiang cahaya yang begitu anggun. Selain itu, air yang menetes dari ketinggian turut mempercantik pemandangan yang membuat Anda takjub akan kebesaran Tuhan.

Sumber gambar: piknikasik.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Menilik Tradisi Unik Suku Himba, Merias Rambut dengan Campuran Kotoran Sapi dan Lumpur Merah

Menilik Tradisi Unik Suku Himba, Merias Rambut dengan Campuran Kotoran Sapi dan Lumpur Merah

Semakin Lama Waktu Kebersamaan dengan Temanmu, Makin Besar Peluangnya Menjadi Sahabatmu

Semakin Lama Waktu Kebersamaan dengan Temanmu, Makin Besar Peluangnya Menjadi Sahabatmu