Google Duplex: Asisten Setiamu di Masa Depan
Sundar Pichai (Sumber gambar: Cnet.com)
in

Google Duplex: Asisten Setiamu di Masa Depan

UGETUGET – Saat konferensi tahunan pengembang Google, perusahaan ini memperkenalkan Google Duplex. Dan sejak perkenalannya ke publik, teknologi ini memicu pro dan kontra.

Beberapa orang merasa aneh dan terganggu, namun juga ada yang mempermasalahkan implikasi terhadap data pribadi.

Ramainya perbincangan tentang teknologi terbaru ini menjadikan Google Duplex sebagai kata kunci yang paling banyak diminati. Meskipun belum diluncurkan model aplikatifnya, dan entah kapan pula akan sampai di Indonesia, baiknya kita kenal terlebih dulu apa sebenarnya teknologi ini.

Dilansir dari Cnet, Google Duplex adalah teknologi fitur yang ada di dalam Google Assistant. Teknologi ini sendiri merupakan sebuah aplikasi penjawab telepon otomatis yang merepresentasikan dirimu, lengkap dengan suara alami manusia. Bukan suara robot yang sering kita dengar di Youtube.

Google Duplex: Asisten Setiamu di Masa Depan
Ilustrasi Google Duplex (Sumber gambar: Cnet.com)

Dalam pernyataan Sundar Pichai saat perkenalan Duplex, teknologi ini mampu memahami kalimat kompleks, bertingkat, pengucapan kalimat yang cepat dan kalimat-kalimat panjang.

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Saya coba uraikan video yang merekam percobaan Sundar untuk mengoperasikan Duplex saat perkenalannya di konferensi tahunan pengembang Google.

Google Duplex: Asisten Setiamu di Masa Depan
Sundar Pichai (Sumber gambar: Cnet.com)

Saat Google meluncurkan versi bet (uji coba) dari Duplex pada musim panas lalu, Anda bisa menggunakannya untuk tiga fungsi: menjadwal perawatan rambut di salon langgananmu, memesan restoran dan mendapatkan waktu libur dari pekerjaan.

Jika Anda menggunakan Google Assistant untuk melakukan pemesananan sesuatu, pemesanan itu akan dilakukan secara online. Namun, jika menggunakan Duplex, teknologi ini akan mengambil alih segala tugas pemesanan, layaknya asisten nyata, mewakili Anda.

Google Assistant (Sumber gambar: Cnet.com)

Detail untuk prosedur dan sistem pemesanan tidak dijelaskan secara rinci, namun kurang lebih, jika Anda ingin memesan tempat di restoran tertentu, cukup katakan, “Telpon Restoran XYZ dan pesanlah meja untuk empat orang pada hari Jumat jam tujuh.”

Setelah perintah masuk dan diproses, Google Asisten dan Google Duplex akan mengambil alih telepon Anda, berbicara dengan siapapun yang menjawab pemesanan Anda, melakukan reservasi, lalu menambahkan jadwal-jadwal tersebut di kalender maupun catatan di aplikasi yang ada di telepon pintar Anda.

Lalu, kapan aplikasi ini mulai digunakan secara luas? Saat sesi tanya jawab dalam konferensi tersebut, tidak banyak yang dijelaskan oleh Sundar Pichai, selain akan meluncurkan versi betanya dalam waktu dekat.

Lalu, untuk di Indonesia? Ah, barangkali harus menunggu perusahaan penyedia jaringan internet serius menggarap kestabilan koneksi kita. Bagaimanapun, tanpa adanya jaringan internet yang stabil, bagaimana bisa kita mendapatkan dan membuat data yang bersifat real time?

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bowo Alpenliebe, Artis Tik Tok yang Sedang Viral dan Menjadi Idola Para Fans Wanita

Bowo Alpenliebe, Artis Tik Tok yang Sedang Viral dan Menjadi Idola Para Fans Wanita

Preview dan Perkiraan Line Up Pertandingan Nanti Malam

Preview dan Perkiraan Line Up Pertandingan Nanti Malam