The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?
Sumber gambar: www.neatorama.com
in

The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?

UGET UGET – Trilogi film The Godfather merupakan sedikit dari beberapa film yang bisa membuat bulu kuduk saya merinding karena saking kerennya. Hampir semua hal dari film ini digarap sangat apik, mulai dari karakter, pemeranan, penyutradaraan, hingga eksekusi sinematografi.

Peran Michael Corleone yang diperankan oleh Al Pacino sangat total. Ia berhasil menggambarkan perubahan karakter yang dialami oleh Michael, dari seorang pahlawan perang Amerika Serikat dalam Perang Dunia II menjadi seorang Don dari keluarga mafia yang sangat terkenal: Corleone.

Michael mempunyai beberapa saudara, baik saudara kandung maupun tiri. Diantaranya adalah Sonny Corleone (Santino), Fredo Corleone, Tom Hagen, dan Connie Corleone. Michael sendiri merupakan saudara laki-laki yang paling bungsu.

Tapi inilah yang membuat saya sendiri bertanya-tanya. Mengapa posisi ‘Don’ diberikan kepada Michael Corleone? Apakah jika kakak kandungnya, Sonny Corleone tidak meninggal karena dibunuh oleh keluarga Tattaglia, tetap Michaelkah yang akan menjadi ‘Don’?

Saya rasa jawabannya adalah ya. Karena Vito Corleone, yang diperankan oleh Marlon Brando pernah mengatakan bahwa Sonny akan menjadi seorang ‘Don’ yang buruk. Mungkin ini berdasarkan pengamatan ayahnya yang melihat bahwa Santino adalah seseorang yang temperamental, kurang tenang, dan pertimbangannya kurang matang untuk mengelola bisnis keluarga.

Mengapa bukan Fredo Corleone? Dari film pertama dan kedua, saya dan para penonton tahu bahwa Fredo tidak mempunyai kualifikasi untuk menjadi seorang ‘Don’. Ia terlalu lemah dan penakut. Karakternya merupakan kebalikan dari Santino yang sangat bersemangat dan pemberani.

Karakter yang paling tepat untuk menjadi ‘Don’ memang Michael. Karena Tom Hagen bagaimanapun juga adalah saudara tiri. Selain itu ia lebih cocok menjadi seorang konsultan daripada seorang ‘Don’.

Ternyata, keputusan untuk mengangkat Michael sebagai ‘Don’ sudah dirancang oleh Vito Corleone sejak jauh-jauh hari. Itulah sebabnya ia tidak marah saat Michael mendaftar menjadi marinir dan ikut berperang untuk Amerika Serikat.

Bagi Vito Corleone, jaringan bisnis dan keluarga tidak hanya berada di Amerika Serikat saja. Itu sebabnya ia harus mendidik penerusnya untuk memahami karakter mitra maupun lawan bisnis keluarganya dalam konteks global. Maka dari itu Michael menjadi satu-satunya orang yang tepat untuk menggantikan Vito Corleone.

Sumber gambar: www.neatorama.com

Punkaz D. Singaraska

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ini Alasan China Bisa Bangun Stasiun Kereta Hanya Dalam Waktu 9 Jam

Ini Alasan China Bisa Bangun Stasiun Kereta Hanya Dalam Waktu 9 Jam

Belajar Tanggung Jawab Berhenti Menyalahkan Orang Lain

Belajar Tanggung Jawab: Berhenti Menyalahkan Orang Lain