Menantikan Kehadiran Generasi Kelima Jaringan di Indonesia
Sumber gambar: phys.org
in

Menantikan Kehadiran Generasi Kelima Jaringan di Indonesia

UGET UGET – Belum rata kehadiran jaringan 4G di negeri ini, kini generasi kelimanya sudah bersiap-siap untuk singgah juga melengkapi kemajuan jaringan di Indonesia. Meski belum jelas kapan itu datangnya, tapi yang jelas jaringan ini sudah semakin matang saja mendekati booming-nya.

Belum lama ini 3GPP juga sudah menandatangani spesifikasi pertama untuk jaringan 5G. Bahkan, ada kabar yang berhembus bahwa perusahaan seperti T-Mobile dan Verizon sudah memberi harapan untuk meluncurkan jaringan 5G pada tahun depan. Jika itu benar terjadi, maka bisa dipastikan dunia digital akan semakin dimanjakan oleh kecepatan jaringan yang luar biasa.

Hal ini menarik untuk dinantikan, mengingat tentu datangnya ke Indonesia tidak akan secepat kehadirannya di tempat teknologi itu diciptakan. Perlu waktu untuk menunggu generasi kelima itu menyapa Indonesia. Lagi pula, saat ini pun jaringan 4G belum sepenuhnya bisa merangkul pelosok negeri.

Satu hal saja yang membuat saya positive thinking, dulu saat jaringan 4G belum datang, ada daerah yang mengalami susah sinyal 3G. Saat 4G datang, jaringan 3G di daerah tersebut sudah mulai membaik, meskipun jaringan 4G belum menjangkaunya. Yang membuat saya berpikir posistif adalah, mungkin saja kalau jaringan 5G datang, daerah yang semula belum terjangkau 4G, paling tidak akan terjamah pada akhirnya. Kita tahu bahwa kecepatan 4G saat ini saja sudah cukup lumayan dan bisa diandalkan.

Kemajuan teknologi memang menjadi sesuatu yang layak untuk dinantikan. Bukan hanya dalam urusan alat-alat elektroniknya, melainkan juga kemajuan dibidang jaringannya. Generasi kelima seolah memberikan harapan baru yang digadang-gadang akan membahagiakan masyarakat dunia digital di dunia, termasuk di Indonesia.

Bahkan saat ini saya sudah berimajinasi betapa cepatnya nanti menggunakan teknologi jaringan 5G itu. Bayangan saya, pasti tidak akan ada lagi yang namanya buffering saat streaming-an nonton bola. Mendownload video atau mp3 juga akan lebih cepat. Apalagi kalau untuk berselancar mencari berita atau sekadar bermain-main di dunia maya, dengan jaringan 5G dijamin cepat tanpa ngadat.

Yang jelas, penggila internet akan dibuat bahagia dengan kehadiran 5G ini. Entah mungkin suatu saat juga akan ada generasi keenam yang lebih gila lagi. Tapi untuk saat ini, fokus dan sabar dulu menanti kehadiran 5G untuk menambah kecepatan jaringan di Indonesia. Sembari berharap jaringan 4G di Indonesia semakin merajalela dan menjamah sampai pelosok negeri.

Sumber gambar: phys.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Orang Gemuk Hidup Lebih Bahagia

Orang Gemuk Hidup Lebih Bahagia

Survival Capsule Cara Evakuasi Bencana Masa Kini

Survival Capsule: Cara Evakuasi Bencana Masa Kini