Gawai Tersertifikasi YouTube: Program Baru Demi Kepuasan Menonton Pengguna
Sumber gambar: Sociofly
in

Gawai Tersertifikasi YouTube: Program Baru Demi Kepuasan Menonton Pengguna

UGET-UGET | Suka putar video di aplikasi YouTube tapi patah-patah? Mengikuti acara favorit tapi sering jengkel karena video yang kualitasnya kurang jelas. Atau, penyuka musik yang menjelajah music video dari satu video ke video lain tapi terganggu dengan kualitas suara yang kemresek? Biasanya kendala itu sering kita hadapi, kita rasakan. Dan lama kelamaan, kita pun berusaha memaklumi sebagai kelemahan dari teknologi yang susah untuk diatasi.

Namun tunggu dulu, bukan teknologi namanya jika tidak ada yang baru di setiap harinya. Teknologi ada untuk memperbaiki kekurangan dari teknologi sebelumnya. Selalu ada terobosan dan temuan baru dalam mengatasi setiap kelemahan yang muncul. Dan salah satunya yang terus memperbaiki teknologi demi meningkatkan kepuasan pengguna adalah YouTube.

Diketahui, pada acara Galaxy Unpacked yang diselenggarakan pekan lalu, Samsung mengumumkan ponsel terbaru yaitu Galaxy Note 9 dengan label “YouTube Signature Device” untuk 2019. Nah, setelah pengumuman tersebut, banyak orang yang bertanya, apa arti dari “Smartphone Tersertifikasi YouTube” (GTY)?

Gawai Tersertifikasi YouTube: Program Baru Demi Kepuasan Menonton Pengguna
Sumber gambar: Sociofly

Ternyata, sebelum rilis smartphone terbaru Samsung, YouTube juga telah mengumukan hal serupa mengenai Gawai Tersertifikasi YouTube. Dijelaskan, GTY adalah program baru dari perusahaan anakan Google tersebut.

Dalam program ini, mereka merekomendasikan smartphone terbaik tahun ini yang bisa memberikan pengguna pengalaman menontn video terbaik. Smartphone yang terdaftar inilah yang nantinya disebut YouTube sebagai “Gawai Tersertifikasi”.

Yang membedakan nantinya adalah, jika pengguna menonton video YouTube menggunakan smartphone yang tersertifikasi, pengguna bisa menikmati video berkualitas HDR, video 360 derajat yang mendalam dan waktu muat yang cepat namun menggunakan sedikit data internet.

“Setiap tahun YouTube menerbitkan kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar sebuah smarpthone bisa mengantarkan pengalaman menonton di YouTube secara maksimal. Kami mengundang semua produsen smartphone yang memenuhi syarat untuk berkolaborasi langsung dengan tim kami agar mampu memenuhi syarat pengujian yang sangat ketat,” tulis YouTube di akun situs resminya.

Syarat GTY

Agar smartphone mendapatkan label Gawai Tersertifikasi, haruslah memenuhi syarat-syarat yang diajukan oleh YouTube Adapun syarat yang harus dimiliki adalah layar HDR (High Definition Rate). Hal ini agar pengguna bisa menonton video dengan warna yang lebih kaya dan bentuk mendetail. Selain itu, layar HDR memungkinkan smartphone untuk menampilkan kontras yang lebih tinggi sehingga pengguna bisa menonton detail yang ada di dalam video.

Yang kedua adalah kemampuan untuk memutar video 360 derajat. Hal ini untuk menyasar pasar Virtual Reality (VR), yang saat ini teknologi terus menerus dikembangkan secara cepat. Dengan menghadirkan fitur 360 derajat, nantinya pengguna juga bisa menggunakan perangkat kacamata VR yang bisa dibeli di toko online manapun.

Yang ketiga adalah 4k decoding. Meski teknologi video 4K mulai diimplemantasikan pada beberapa smartphone, 4K decoding akan memungkinkan pengguna untuk melihat video dengan resolusi tinggi dan kejernihan seperti pada konten VR.

Yang keempat adalah kemampuan untuk mendukung Peak Frame Rate (PFR). Nantinya, YouTube akan menekankan bahwa smartphone yang tepat adalah yang  smartphone yang mampu memberi PFR tertinggi. Dengan PFR tinggi, pengguna bisa memutar video tanpa hambatan.

Sudah tau kan kesulitan dari smartphone untuk memenuhi persyaratan di atas. Tanpa perlu berpanjang lebar, berikut adalah daftar yang sudah lolos dan dianggap memenuhi sebagai Gawai tersertifikasi YouTube:

Google

  • Pixel 2
  • Pixel 2 XL

HTC

  • HTC U12+

Huawei

  • Mate 10 Pro

LG

  • G7 ThinQ
  • V30

Nokia

  • Nokia 8 Sirocco

OnePlus

  • OnePlus 6

Samsung

  • Galaxy S8/S8+
  • Galaxy S9/S9+
  • Galaxy Note 8
  • Galaxy Note 9

Sony

  • Xperia XZ2
  • Xperia XZ2 Compact
  • Xperia XZ2 Premium

Xiaomi

  • Mi Mix 2S
  • Mi 8

Dalam daftar yang disebutkan di atas, kita tidak akan bisa menemukan iPhone. Pasalnya, fitur-fitur yang terdapat di dalam iPhone sudah mendukung 4K Decoding, HRD, PFR dan lainya. Selain itu, untuk iPhone X yang diakui sebagai tampilan ponsel pintar terbaik dengan layar penuh dan panel OLED, juga dilengkapi dengan suara stereo.

Satu hal yang tak dimiliki oleh iPhone adalah VP9 Codec. Hal inilah yang menghambat iPhone untuk memutar video 4K di aplikasi Safari.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Menikmati Makanan Korea di Hanbingo Seturan Jogja dengan Harga Promo Rp 50 Ribu

Menikmati Makanan Korea di Hanbingo Seturan Jogja dengan Harga Promo Rp 50 Ribu

Kakek Ini Bermain Pokemon Go Hingga Pakai 9 Gawai

Kakek Ini Bermain Pokemon Go Hingga Pakai 9 Gawai