Gambar yang Berkisah Sebuah Cerita, Seru Banget!
Sumber gambar: phdi.or.id
in

Gambar yang Berkisah Sebuah Cerita, Seru Banget!

UGETUGET | Kami adalah gambar yang berkisah sebuah cerita. Kami ada pada zaman dulu. Duluuuu sekali, ketika ada banyak sekali orang yang buta huruf dan komik belum ada.

Etoki, teman para pendeta

Buddha di Jepang
Sumber gambar: en.wikipedia.org

Namaku Etoki. Aku berasal dari Jepang. Aku adalah sahabat para pendeta Buddha di Jepang. Aku adalah gambar tentang cerita kebaikan atau kebijaksanaan.

Aku dilukis oleh para pendeta yang jago menggambar. Aku jadi sangat indah. Sambil melihat dan mengagumi diriku, penduduk Jepang mendengarkan cerita para pendeta. Semua pun menjadi senang.

Kadang-kadang bentukku seperti buku yang halamannya disambung-sambung. Namun kadang aku berbentuk seperti tirai yang menutupi tembok.

Kadang para pendeta hanya membutuhkan sebuah gambar untuk satu cerita. Akan tetapi, kadang juga ada beberapa gambar untuk sebuah cerita.

Phad, kain bergambar dari India

Phad, kain bergambar
Sumber gambar: en.wikipedia.org

Aku adalah Phad. Asalku dari Rajastan, India. Berabad-abad lalu aku adalah benda suci dalam upacara keagamaan.

Aku adalah selembar kain lebar yang berisi gambar kehidupan Pabuji, orang yang dianggap reinkarnasi dewa oleh penduduk tempatku.

Untuk membuat diriku diadakan upacara khusus. Cat dan warna yang digunakan juga khusus. Hanya pewarna alami saja yang boleh digunakan.

Setelah usai, tak sembarang orang boleh membuka aku. Aku dibuka orang yang dianggap suci dan setelah itu ada upacara khusus lagi. Yang jelas, aku hanya boleh dibuka pada malam hari.

Ketika aku sudah dibuka, maka orang suci tadi mulai menceritakan gambar yang ada dalam sebuah nyanyian. Sambil menyanyi beliau memainkan alat musik seperti biola yang disebut jantar. Kadang-kadang penonton pun ikut menyanyi.

Sekarang ini aku bukan lagi benda suci. Sebab, aku kini dibuat untuk dijual. Gambar yang ada juga bukan lagi kehidupan Pabuji. Aku bisa berisi kehidupan Dewa Krisna atau hal lain.

Aku bahkan tak hanya berbentuk kain. Aku juga berbentuk vas bunga, tatakan gelas, dan lain-lain.

Wayang beber, asli Indonesia

Wayang beber menampilkan adegan pertempuran
Sumber gambar: id.wikipedia.org

Aku memang tak sebeken wayang orang, wayang kulit, atau wayang golek. Padahal, aku juga jenis wayang lo.

Aku dimainkan oleh seorang dalang yang bercerita dan menyanyi. Supaya tambah asyik, ada seperangkat gamelan yang dimainkan.

Di Indonesia, aku terbuat dari daun lontar tipis yang digambari lalu digulung. Ketika dalang akan bercerita, maka gulungan lontar itu dibuka dan dibeberkan. Itu sebabnya, namaku adalah wayang beber.

Sekarang, aku jarang bisa ditemui. Yang mau membuat diriku juga sudah amat jarang.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Empat Hal Penting Untuk Smokers (Para Perokok)

Empat Hal Penting Untuk Smokers (Para Perokok)

6 Buah Untuk Melancarkan Produksi ASI

6 Buah Untuk Melancarkan Produksi ASI