uget uget - Gambar 3 Dimensi (3D) Ini Keren Banget
Sumber gambar: erabaru.net
in

Gambar 3 Dimensi (3D) Ini Keren Banget

UGETUGET – Saya pernah melihat gambar 3 Dimensi (3D) di Yogyakarta. Dulu ada dua tempat yang menampilkan pameran ini, yaitu Jogja Expo Center (JEC) dan XT Square dengan De Mata-nya.

Sebenarnya saya termasuk orang yang buta visual. Saya kurang bisa menemukan sisi keindahan dari sebuah gambar atau lukisan. Tapi untuk gambar 3 dimensi (3D), saya sedikit bisa menikmatinya.

Saat melihat langsung bagaimana gambar 3 dimensi (3D) yang sangat besar dijadikan wahana atau tempat untuk berfoto-foto, saya terperangah. “Kok bisa ya bikin gambar sebesar ini? Tiga dimensi lagi?”

Jika dilihat dari sudut pandang tertentu, maka gambar yang aslinya hanya dua dimensi (2D), bisa terlihat menjadi gambar 3 dimensi (3D). Jadi si penggambar atau si seniman memang harus mempunyai imajinasi yang tinggi.

Di bawah ini saya berikan banyak gambar yang saya repost dari seorang “suhu” dalam dunia gambar-menggambar. Dunia menggambar ternyata sangat asyik dan masih banyak ide yang bisa dieksplorasi.

A post shared by Clemens Panji Nada S (@nadapanji) on

Di bawah ini juga ada sebuah video yang memperlihatkan bagaimana cara membuat sebuah karya tiga dimensi.

Ternyata prosesnya tidak sesulit seperti yang saya kira. Di video ini si penggambar ingin membuat seekor naga yang sedang berada di lautan/danau. Awalnya ia hanya membuat sketsa seekor naga dengan pensil yang tipis.

Setelah bentuk naga yang ada di danau terlihat, si penggambar kemudian menebalkannya dengan menggunakan spidol. Ia menggunakan berbagai macam spidol, dan tetap masih menggunakan pensil untuk mengisi arsirannya.

Pada tahap pengarsiran ini, gambar dua dimensi sudah sangat layak untuk dinikmati sebagai gambar 2 dimensi. Lalu apa yang harus dilakukan supaya gambar ini terlihat menjadi tiga dimensi?

Itulah yang membuat saya curiga. Sebenarnya komposisi jari dan tangan di penggambar itu terbuat dari bahan apa? Kok bisa lentur betul? Andai saja dijual pakai e-commerce, pasti laris manis.

Setelah selesai menonton video ini saya tahu apa yang membuat gambar 2 dimensi bisa berubah menjadi gambar 3 dimensi. Kalian pun pasti bisa menggambarnya.

Sumber gambar: erabaru.net

Written by Punkaz D. Singaraska

Suka dengan teori-teori konspirasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

uget uget - Cara Melamar Wanita dengan Kreatif dan Romantis

Cara Melamar Wanita dengan Kreatif dan Romantis

uget uget - Video Kucing Mirip Tom And Jerry Tikus Pura-Pura Mati

Video Kucing Mirip Tom And Jerry: Tikus Pura-Pura Mati