Gabriele Sandri Menyatukan Ultras Italia
Sumber gambar: cesololaroma.org
in

Gabriele Sandri Menyatukan Ultras Italia

UGETUGET | Gabriele Sandri merupakan nama pendukung Lazio. Para ultras Italia tentu mengingat sebuah tragedi kematian yang membuat seluruh ultras Italia bersatu untuk menghormati pemuda ini.

Sebelum kematian Gabriele Sandri, ultras Lazio terkenal dengan nama Curva Nord Olimpico. Kemudian setelah tragedi tersebut para pendukung Lazio mengganti nama Curva Nord Gabriele Sandri.

Kejadian ini bermula dari bentrokan antara rombongan Sandri dengan sekelompok penggemar Juventus di Tuscany. Saat itu hari sabtu pagi 11 November 2007, Lazio akan bertanding melawan Inter Milan.

Adanya bentrokan tersebut memancing perhatian sekelompok polisi. Pihak polisi pun berusaha meredakan suasana. Tiba-tiba terdengar suara ledakan pistol. Diketahui ledakan tersebut diakukan oleh salah satu polisi bernama Luigi Spaccarotella.

peringatan terakhir gabriele sandri
Sumber gambar: cesolouncapitanototti.forumfree.it (Peringatan terakhir Gabriele Sandri).

Kejadian ini memancing kemarahan ultras Italia. Mereka menuntut agar kasus ini segera diselesaikan.

Ultras Italia yang terkenal dengan keganasannya, tidak lagi demikian. Mereka bersatu dalam pemakaman Sandri meski mereka tidak kenal dengan pemuda tersebut. Ultras Italia dari berbagai kota seperti Milan, Torino Udinese, Napoli, Tronto dan Palermo datang dengan biaya sendiri.

Apalagi pemakaman tersebut disertai hujan deras di Piazza Baldunia. Sekitar dua jam berdiri demi menghormati kepergian seorang ultras.

Total ultras yang hadir sewaktu pemakaman sekitar 5.000. Nama Gabriele Sandri dinyanyikan. Bahkan dalam momen ini terdengar nyanyian anti-polisi berkumandang. Namun hal tersebut tidak berlangsung lama, sebab mereka sadar hal tersebut hanya akan memicu masalah.

Memang mentalitas ultras sangat beragam. Namun dalam momentum ini mereka bersatu, seolah merasakan kehilangan dan kesedihan yang sama seperti keluarga.

sosok sandri suporter lazio
Sumber gambar: facebook.com/tetamantes (Sosok Sandri suporter Lazio).

Tentu sikap seperti ini sangat membanggakan. Batas-batas rivalitas mereka leburkan demi kemanusiaan. Fanatisme yang demikian perlu dipegang.

Sandri meninggal di usia muda. Namun namanya akan terus dikenang di hati para ultras Italia. Bahkan sampai saat ini mereka masih sering melakukan bentuk penghormatan bagi Sandri di tanggal kematiannya.

Sikap pergantian nama ultras Lazio menjadi Curva Nord Gabriele Sandri merupakan bentuk penghormatan yang patut diambil nilainya. Sikap ini tentu mengejutkan bagi beberapa kalangan, namun nilai kebersamaanlah yang mereka pegang.

Fanatisme ultras Italia bisa bersatu dalam momen ini. Tentu fanatisme antar klub terus terjaga dalam wilayah kreativitas. Tapi wilayah kemanusiaan tentu lebih penting ketimbang kepentingan lain.

Written by Budi

Sehat selalu.

Hal Penting Saat Travelling Bersama Bayi

Hal Penting Saat Travelling Bersama Bayi

Mengenang Kepala Babi Di Hari Ulang Tahun Luis Figo

Mengenang Kepala Babi Di Hari Ulang Tahun Luis Figo