Bingung Mau Ngapain? FKY Mau Dibuka, Lho…
Sumber gambar InfoFKY.com
in

Bingung Mau Ngapain? FKY Mau Dibuka, Lho…

UGET-UGET | Event tahunan Festival Kesenian Yogyakarta (FKY) akan kembali digelar. Event ini akan dibuka pada tanggal 23 Juli hingga 9 Agustus. Tahun ini, FKY menjadikan Planet Pyramid sebagai lokasi penyelenggaran. Terletak di sebelah selatan kota Yogyakarta, tepatnya di Jalan Parangtritis km 5,5, kamu bisa menyaksikan berbagai acara kebudayaan khas FKY.

FYI, FKY adalah acara seni budaya yang diadakan setiap tahun di Yogyakarta. Biasanya, penyelenggaraannya pada bulan Juni sampai Juli. Event yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi D.I. Yogyakarta ini menampilkan berbagai hiburan keluarga dan pertunjukkan kesenian. Pemilihan bulan Juni dan Juli sendiri untuk mengisi waktu liburan siswa yang biasanya berlangsung pada bulan-bulan tersebut.

Tahun ini, FKY mengambil tema MESEMELEH sebagai dasar penyelenggaraannya. Dalam rilis yang diambil dari situs resmi FKY, dijelaskan bahwa pengambilan tema tersebut adalah wujud adaptasi FKY terhadap perubahan zaman. FKY mencoba mulai melihat masyarakat tidak hanya sebagai objek, tetapi juga subjek yang ikut membangun wacana seni.

Bingung Mau Ngapain? FKY Mau Dibuka, Lho…
Sumber gambar InfoFKY.com

“Perkembangan teknologi membuka cakrawala masyarakat akan kekayaan informasi. Dari model masyarakat seperti itu, seperti ada pergeseran akan nilai tentang produksi wacana seni. Terdapat kecenderungan bahwa masyarakat saat ini mulai aktif dan kritis dalam memaknai, mengalami, mengapresiasi hingga menginterpretasi apa itu seni,” seperti dikutip dari rilis Festival Kebudayaan Yogyakarta.

Dalam acara ini, FKY memberikan ruang seluas-luasnya bagi masyarakat dalam memahami dan memaknai dunia seni, yang harapan selanjutnya adalah FKY dapat melihat, menginterpretasi dan memprediksi kemungkinan-kemungkinan mengenai seni di masa mendatang.

MESEMELEH merupakan kata yang diambil dari Mesem (senyum) dan digabungkan dengan Semeleh (ikhlas menerima kondisi). Kata tersebut merupakan wujud dari FKY yang berupaya untuk tetap tersenyum dan nrima perubahan jaman.

Selain itu, panitia penyelenggara juga berharap untuk gelaran ke-30 ini akan muncul berbagai karya dan penyajian yang tidak hanya memiliki nuansa narasi-narasi besar, tetapi juga memiliki kedekatan (baik emosional maupun estetik) dengan masyarakat dan masa kini.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, masyarakat bisa menyaksikan kemeriahan dari berbagai pertunjukkan seni dan budaya dalam FKY. Setiap malam, dari tanggal 23 hingga 9, akan ditampilkan berbagai macam pertunjukkan.

Di antaranya adalah, Pasar Seni FKY, Pawai FKY, Paperu, Bioskop, Sastra, Teater FKY, Diskusi Seni dan Budaya, JVMP, Panggung Semeleh, Panggung Musik Elektronik, Panggung Senyap, Panggung Belakang dan Wayang Kulit.

Bagi Anda yang mencari aktivitas lebih seru, bisa berpartisipasi dalam lokakarya, lomba dan workshop yang digelar sebagai sub event dalam FKY. Nah, jangan ketinggalan, Guys!

Written by Agus A. Pribadi

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Dieng Culture Festival: Event Untuk Kamu yang Ingin Cari Momen Romantis

Dieng Culture Festival: Event Untuk Kamu yang Ingin Cari Momen Romantis

Kunci Hubungan Langgeng dengan Pacar Saling Menjaga Hati Masing-Masing Pasangan

Kunci Hubungan Langgeng dengan Pacar: Saling Menjaga Hati Masing-Masing Pasangan