firefox quantum
Sumber gambar: Youtube.com
in

Firefox Quantum Membuat Browsing Lebih Cepat 2x Lipat!

UGET UGET – Seperti apa Firefox Quantum? Firefox Quantum adalah web browser terbaru yang dikeluarkan oleh Mozilla. Web browser ini diklaim memiliki teknologi terdepan bahkan lebih canggih daripada Google Chrome. Kabarnya mampu menghemat penggunaan ram sampai dengan 70%, itu berarti dengan menggunakan firefox quantum kita bisa lebih efektif dalam bekerja.

Sebelumnya saya ingin bercerita mengenai perang besar antara web browser. Saya aktif menggunakan internet mulai tahun 2007, saat itu browser yang paling banyak digunakan adalah Firefox yang menggantikan Microsoft Internet Explorer. Internet Explorer dikenal oleh netizen memiliki performa yang sangat buruk, banyak web modern yang tidak bisa dibuka oleh Internet Explorer atau IE.

Kemudian muncullah generasi awal Google Chrome yang memiliki tampilan yang sangat sederhana, tidak terlalu banyak menu-menu ataupun dropdown. Sepertinya Google ingin membuat web browser yang fokus kepada pengguna internet. Mereka ingin memanjakan pengguna internet dengan web browser yang sangat mudah digunakan.

Tetapi pada generasi awal Google Chrome belum banyak mendapatkan respon positif, bahkan saya sendiri lebih menyukai menggunakan Mozilla Firefox. Alasannya sederhana Firefox lebih mudah digunakan meskipun tidak seringan Google Chrome.

Bukan Google namanya jika tidak menyempurnakan produk yang sudah dirilis. Google Chrome selalu di update bahkan setiap minggu, proses updatenya memang belum secara otomatis, jadi kita harus mendownload file masternya kemudian menginstal ulang.

Akhirnya setelah melalui beberapa versi dan perbaikan Google Chrome menjadi salah satu web browser populer. Market share-nya sudah lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Dan tentu saja sudah diperhitungkan oleh banyak pengguna internet di dunia hingga saat ini Google Chrome masih banyak sekali yang menggunakannya. Bisa dikatakan laptop tanpa Google Chrome seperti sayur asem tanpa garam.

Popularitas Firefox sedikit terganggu dengan adanya Google Chrome yang canggih ini. Tetapi kelemahan Google Chrome adalah memakan space harddisk yang cukup banyak. Dalam waktu 6 bulan saja ukuran aplikasi Google Chrome sudah membengkak sampai bermega-mega byte, bahkan mencapai ukuran giga.

Tentu saja Ini dimanfaatkan oleh Mozilla dengan mengeluarkan Firefox Quantum. Seperti disebutkan diatas Firefox Quantum akan dirilis pada tanggal 14 November 2017 waktu Amerika. Seperti yang dijanjikan oleh Mozilla bahwa Firefox Quantum menjanjikan performa web browser masa depan, generasi terbaru dari mesin Firefox. Kabarnya mereka menulis ulang semua kode Firefox termasuk mesin untuk menerjemahkan kode CSS, sehingga ketika merender halaman website jauh lebih cepat dan hemat memori.

Tentu saja Ini kabar yang menarik dan patut ditunggu. Jika Mozilla mengeluarkan teknologi canggih seperti ini saya juga menunggu Apakah nanti Google akan merevolusi Google Chrome sehingga lebih ramah sumber daya komputer?

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mengunjungi halaman resmi Firefox Quantum

Sumber gambar: Youtube.com

Written by Bimo

Web developer, menggunakan CakePHP sebagai inti pengembangan situs dan wordpress untuk bermain blog. Kadang-kadang menulis, coding. Suka bersepeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

pria humoris

Alasan Pria Humoris Lebih Disukai Wanita daripada Pria Tampan

Cokelat Berbentuk Mangkuk yang Bisa Dimakan Dicetak Pakai Balon Lho

Cokelat Berbentuk Mangkuk yang Bisa Dimakan Dicetak Pakai Balon Lho