Nonton Film Horor Bisa Bakar Kalorimu
Sumber gambar: www.videoblocks.com
in

Nonton Film Horor Bisa Bakar Kalorimu

UGET UGET – Film horor dapat memicu adrenalin. Karenanya bagi mereka yang menyukai hal-hal menantang, film horor kerap menjadi pilihan. Bahkan tak dipungkiri, film horor memang telah terbukti mampu membakar kalori dalam tubuh. Untuk mereka yang ingin mengurangi berat badan, menonton film horor secara rutin dapat membantu.

Menonton film horor memberikan sensasi ketegangan tersendiri. Adegan yang menegangkan, kemunculan sosok misterius, akting pemerannya yang creepy, ditambah permainan backsound semakin membangun irama detak jantung. Karenanya menonton film horor ampuh hilangkan stress dan beban pikiran. Faktanya, menonton film horor sama manfaatnya dengan berolahraga.

Seperti dikutip dari telegraph.co.uk (28/10/12), menonton film horor selama 90 menit dapat memompa adrenalin yang dapat membakar 113 kalori. Jumlah tersebut sama dengan jumlah kalori yang terbakar saat berjalan kaki selama setengah jam, atau setara dengan satu bar coklat.

Nonton Film Horor Bisa Bakar Kalorimu
Sumber gambar: www.videoblocks.com

Dan sejauh ini, film horor paling ampuh membakar kalori yang pernah tercatat adalah film psychological thriller di tahun 1980, The Shining. Film tersebut bisa membakar 184 kalori penontonnya.

Selain itu, berikut adalah perhitungan jumlah kalori yang terbakar dari film lain yang juga diujicoba oleh peneliti dari University of Westminster:

1. The Shining (1980): 184 kalori
2. Jaws (1975): 161 kalori
3. The Exorcist (1973): 158 kalori
4. Alien (1979): 152 kalori
5. Saw (2004): 133 kalori
6. A Nightmare on Elm Street (1984): 118 kalori
7. Paranormal Activity (2007): 111 kalori
8. The Blair Witch Project (1999): 105 kalori
9. The Texas Chain Saw Massacre (1974): 107 kalori
10. (2007): 101 kalori

Menurut penelitian yang dilakukan Dr. Richard Mackenzie, dosen senior dan spesialis metabolisme sel dan psikologi di University of Westminster, saat menonton film bergenre ini, energi penontonnya akan terkuras. Ini dikarenakan adanya peningkatan detak jantung, meningkatnya jumlah oksigen yang dihirup, juga karbon dioksida yang dikeluarkan.

Sepuluh film tersebut telah terbukti menimbulkan rasa takut. Efek dari rasa takut itulah yang memicu peningkatan denyut nadi dan jantung. Sehingga darah terpompa lebih cepat dan adrenalin terus meningkat. Nah sentakan adrenalin yang terus terjadi sepanjang film inilah yang memicu peningkatan Angka Metabolisme basal (ABM). Seperti diketahui metabolisme basal atau BMR sangat membantu penurunan berat badan.

Penelitian tersebut dipublikasikan di tahun 2012. Mungkin saja ada film-film terbaru yang telah menggeser posisi tersebut. Sehingga sebenarnya mencoba menonton film seram apapun tak masalah.

Nah kalau kamu berniat menurunkan berat badan, cobalah rutin menonton film horor. Namun tetap jaga pandangan tertuju pada layar ya. Jangan menutup mata, kalau begitu efeknya jelas kurang berasa. Nikmati saja efek menegangkan itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Perempuan Jauh Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Hati Pascaputus Daripada Laki-Laki

Perempuan Jauh Lebih Cepat Menyembuhkan Luka Hati Pascaputus Daripada Laki-Laki

Menjawab Dengan Singkat Tanda Doi Bohong Padamu

Menjawab Dengan Singkat Tanda Doi Bohong Padamu