Festival Sriwijaya 2018: Mengenang dan Mengingat Kebesaran Kerajaan Sriwijaya
Sumber gambar: Lampungpro.com
in

Festival Sriwijaya 2018: Mengenang dan Mengingat Kebesaran Kerajaan Sriwijaya

UGET-UGET | Saat ini, Palembang tengah menjadi sorotan masyarakat dunia. Dijadikannya kota ini sebagai tempat penyelenggaran pesta olah raga akbar, Asian Games 2018, bersama Jakarta, menyedot perhatian masyarakat dari 45 negara peserta.

Seakan sejarah yang berulang, di masa lalu, kota ini juga pernah menjadi perhatian dunia setelah kekuasaan Kerajaan Sriwijaya berkembang pesat dan memiliki kekuatan besar dalam bidang maritim.

Untuk menguatkan peran dan nama Palembang, Dinas Budaya dan Pariwisata Sumatera Selatan (Disbudpar Sumsel) bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kementerian Pariwisata, dan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, menggelar festival khusus mengenai Kerajaan Sriwijaya.

Festival bertajuk Festival Sriwijaya 2018 tersebut rencananya akan diselenggarakan hampir sebulan, dimulai dari 4 Agustus hingga 2 September. Tak seperti tahun-tahun sebelumnya, perpanjangan waktu penyelenggaraan festival ini ditujukan untuk memperkenalkan perkembangan, perjalanan, dan kebesaran maritim dari Sriwijaya di masa lalu. Selain itu, akan dipamerkan pula peninggalan sejarah dari masa itu.

Kepala Disbudpar Sumsel, Irene Camelyn mengatakan festival akan lebih banyak menyoroti perkembangan Kerajaan Sriwijaya di Palembang hingga mencapai puncak kejayaannya pada abad 7-9.

Festival Sriwijaya 2018: Mengenang dan Mengingat Kebesaran Kerajaan Sriwijaya
Sumber gambar: Lampungpro.com

“Beberapa peninggalan Kerajaan Sriwijaya juga akan ditampilkan dan digambarkan dalam bentuk visual yang lebih berdimensi dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan, terutama wisatawan yang mendatangi Palembang karena Asian Games,” ungkap Irene dilansir dari Gatra.com.

Festival yang sama pernah diselenggarakan di Jakarta tahun lalu. Dalam acara tersebut, ditampilkan perwujudan kapal pesiar yang menjadi ikon pelayaran samudera. Hal tersebut menunjukkan bagaimana Sriwijaya menguasa kawasan darat dan lautan Samudera Hindia.

“Kita ingin memperlihatkan bagaimana Palembang, terutama Sumsel juga sudah terkenal dengan hubungan dagangnya sampai ke luar negeri hingga ke Asia,” pungkasnya.

Agenda Festival Sriwijaya 2018 

Festival Sriwijaya adalah salah satu festival kebudayaan tahunan yang diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata. Tahun 2018 ini merupakan tahun pelaksanaan yang ke-27. Dan di tahun ini, wisatawan akan disuguhkan pagelaran budaya dari 17 kabupaten/kota di Sumsel. Di antaranya adalah tarian, drama musikal, lagu daerah. Tak hanya itu, festival juga akan dimeriahkan dengan kuliner khas masing-masing daerah.

Festival ini akan dibuka dengan sajian bioskop yang akan mempertontonkan film-film pendidikan, budaya dan pariwisata. Selain itu, juga ada pertunjukkan musik etnik, parade musik jalanan, parade Dul Muluk dan pertunjukkan budaya dari kabupaten dan kota yang berada di Sumsel.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comic Con International 2018: Suka Cita Penggemar Komik Dari Seluruh Dunia

Comic Con International 2018: Suka Cita Penggemar Komik Dari Seluruh Dunia

Rencanakan Liburan ke Jepang, Jangan Lupa Kunjungi Ghibli Park

Rencanakan Liburan ke Jepang, Jangan Lupa Kunjungi Ghibli Park