Festival Pesona Lipuku: Menikmati Keindahan Alam di Sulawesi Tengah
Sumber gambar: Portal Ampana
in

Festival Pesona Lipuku: Menikmati Keindahan Alam di Sulawesi Tengah

UGET-UGET | Kepulauan Togean yang terletak di kawasan Teluk Tomini, Sulawesi Tengah memiliki banyak daya tarik sebagai tempat wisata alam. Bentang alam yang indah dan pesona panorama bawah laut menjadi kekuatan utama yang mengundang wisatawan ke daerah ini.

Selain itu, sejak tahun kemarin, Pemerintah Kabupaten Tojo Una-una didukung oleh Kementerian Pariwisata menyelenggarakan Festival Pesona Lipuku. Tujuannya jelas, yaitu untuk meningkatkan dan mempromosikan pariwisata di kabupaten tersebut.

Taman Nasional Kepulauan Togean 

Pada tahun 2004, Pemerintah Republik Indonesia meresmikan Kepulauan Togean sebagai salah satu taman nasional. Kekayaan terumbu karang dan biota laut yang langka yang menjadi penghuni dari tempat ini, menjadi alasan di balik persemian tersebut. Selain itu, kepulauan ini juga menjadi bagian dari Segitiga Terumbu Karang (Region 1: Indonesia-Filipina).

Festival Pesona Lipuku: Menikmati Keindahan Alam di Sulawesi Tengah
Sumber gambar: Pedoman Wisata

Dan untuk menambah daya tarik bagi wisatawan, Pemerintah menjadikan Kepulauan Togean sebagai latar penyelenggaran Festival Pesona Lipuku. Seluruh rangkai acara festival ini akan diselenggarakan di beberapa lokasi di Kabupaten Tojo Una-una dan salah satunya adalah Kepulauan Togean.

Menurut rencana, festival ini akan diselenggarakan pada tanggal 6 hingga 12 Agustus mendatang. Selama tujuh hari, para wisatawan akan disuguhi berbagai macam atraksi dan kegiatan. Di antaranya adalah pertunjukkan tarian tradisional, bela diri tradisional, festival kuliner lokal (makanan berbahan ikan, udang, tiram dan kepiting), pameran foto panorama laut dan bawah laut yang ada di Kepulauan Togean, tur sepeda dan masih banyak lainnya.

Selain itu, untuk memeriahkan acara, panitia setempat mengadakan perlombaan menarik seperti lomba perahu dan lomba tarik tambang di atas perahu.

Hiburan dan sajian wisata dari wilayah ini tidak itu saja. Jika Anda ingin menikmati keindahan lain, Anda bisa melakukan snorkeling di Pulau Kadadiri yang terletak di dalam wilayah Kepulauan Togean. Jika ingin memancing dan menjelajah huta, Anda bisa menuju Pulau Malenge. Lalu, masih ada Gunung Colo yang terletak di Pulau Una-una dan pemukiman orang Bajo di Kabalutan, Walea Kepulauan.

Akses dan Akomodasi

Di peta Indonesia, Pulau Sulawesi seakan terletak sangat jauh dari pulau lain di sebelah baratnya. Dan lupakan omongan orang yang mengatakan akses di wilayah Timur Indonesia sangatlah buruk dan terbatas.

Festival Pesona Lipuku: Menikmati Keindahan Alam di Sulawesi Tengah
Sumber gambar: Portal Ampana

Jika Anda ingin menghadiri Festival Pesona Lipuku, Anda bisa memulai pwerjalanan dari Ampana, ibukota Kabupaten Tojo Una-una. Untuk mencapat Ampana, Anda bisa menggunakan pesawat dari Palu, ibukota Provinsi Sulawesi Tengah, dengan tujuan Bandara Tanjung Api, Ampana.

Ingin memulai petualangan bahkan sejak pergi dari rumah? Punya banyak waktu untuk dihabiskan dalam perjalanan. Atau ingin lebih menikmati perjalanan dan keindahan alam? Anda bisa menggunakan transportasi laut.

Dimulai dengan menggunakan speedboat dari Ampana ke Wakai, pusat perdagangan di Kepulauan Togean, dengan waktu tempuh 90 menit. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kapal kayu dengan waktu tempuh kurang lebih empat jam. Juga ada kapal fery dengan waktu tempuh enam jam.

Nah, setelah sampai di Ampana atau Kepualaun Togean, Anda bisa memilih berbagai jenis fasilitas penginapan. Mulai dari hotel hingga homestay sudah tersedia di sana. Gak mau repot dan ingin terima jadi? Anda tinggal buka hape dan lakukan pemesanan melalui aplikasi traveling yang banyak tersedia di PlayStore!

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Video Pesta Pernikahan di Rel Kereta Api Ini Viral, Bagaimana Tanggapan PT KAI

Video Pesta Pernikahan di Rel Kereta Api Ini Viral, Bagaimana Tanggapan PT KAI?

Berikut Daftar Pemenang MTV Movie & Television Awards 2018

Berikut Daftar Pemenang MTV Movie & Television Awards 2018