Festival Pesona Bunaken 2018: Wisata Bahari dan Budaya Untuk Tingkatkan Pelestarian Alam
Sumber gambar: Ngopibareng.id
in

Festival Pesona Bunaken 2018: Wisata Bahari dan Budaya Untuk Tingkatkan Pelestarian Alam

UGET-UGET | Pulau Bunaken terletak di sebelah utara Teluk Manado, Pulau Sulawesi. Pulau seluas 8,08 km2 ini termasuk dalam wilayah administrasi Provinsi Sulawesi Utara. Taman laut yang berada di sekitar Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional yang wilayahnya mencakup lautan di sekitar Pulau Manado Tua, Siladen dan Mantehage,

Jika Anda mengunjungi taman laut ini, Anda akan menemukan keindahan kehidupan dari biota laut yang aneh, warna-warni dan hanya bisa ditemukan di daerah ini. Untuk mencapainya tak perlu risau, Anda bisa menggunakan boat  dan perjalanan dari Manado hanya memakan waktu sekitar 40 menit.

Tentang Festival Pesona Bunaken 2018

Untuk meningkatkan kesadaran warga dan wisatawan akan pentingnya pelestarian lingkungan, Pemerintah Kota Manado didukung oleh Kementerian Pariwisata menyelenggarakan festival bertajuk Festival Pesona Bunaken. Selain itu, festival ini diharapkan menjadi salah satu destinasi wisata event yang dapat menghidupkan keberlangsungan pariwisata setempat. Hal itu dimaksudkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Festival Pesona Bunaken 2018: Wisata Bahari dan Budaya Untuk Tingkatkan Pelestarian Alam
Sumber gambar: Ngopibareng.id

Festival ini akan diisi dengan banyak kegiatan menarik, di antaranya adalah pertunjukkan seni dan budaya, permainan bola voli, lomba dayung perahu, pembersihan Bunaken, limba menghias perahu Katinting, snorkeling, permainan tradisional dan pesta ikan bakar.

Menurut rencana, Festival Pesona Bunaken 2018 akan dilangsungkan pada 19-22 Juli 2018. Menurut Kepala Dinas Pariwisata Daerah Sulawesi Utara, Daniel Mewengkang, kegiatan ini nantinya akan menjadi ujung tombak Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara.

Nah, untuk kamu yang ingin bepergian di sekitar Manado, Provinsi ini juga memiliki beberapa tempat wisata lain. Di antaranya adalah Danau Tondano, Pulau Siladen dan Taman Nasional Tangkoko. Selain itu, jika kamu penyuka kuliner, kamu juga bisa mencoba masakan tradisional seperti ayam woku belanga, cakalang fufu, bubur tinutuan dan ayam rica-rica.

Rute Menuju Bunaken dan Fasilitasnya

Dalam wawancaranya bersama Republika, Daniel memberikan tips bagi traveler yang ingin mengunjungi Festival Pesona Bunaken. Daniel mengunkapkan, bagi wisatawan yang ingin menggunakan pesawat terbang menuju Manado, jalan ke Pulau Bunaken dari bandara tak begitu jauh. Anda tinggal berjalan menuju pelabuhan atau dermaga di Manado untuk melanjutkan perjalanan menggunakan kapal menuju Bunaken.

Festival Pesona Bunaken 2018: Wisata Bahari dan Budaya Untuk Tingkatkan Pelestarian Alam
Sumber gambar: KRJogja

Selain itu, untuk wisatawan kelompok kecil yang terdiri dari satu atau dua orang, disarankan untuk berangkat dari dermaga Kuala Jengki. Rutenya dari Bandara Sam Ratulangi, wisatawan naik angkutan umum ke Terminal Pal 2. Setelah itu menyambung moda transportasi menggunakan angkutan umum lagi ke Pasar 45. Lalu, Anda hanya butuh berjalan kaki selama 15 menit untuk sampai di dermaga Kuala Jengki.

Nah, perjalanan ke Pulau Bunaken dari Kuala Jengki juga tidak begitu jauh. Hanya 45 menit menggunakan kapal atau biasa disebut taksi oleh warga setempat. Tarifnya? Tak mahal! Cukup Rp 30 ribu untuk satu kali jalan menuju Pulau Bunaken. Namun, Anda harus bersabar, karena kapal hanya akan berangkat setelah terisi penuh.

Anda harus mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Manado. Hal ini lantaran usaha pemerintah setempat untuk memanjakan wisatawan.

Bukan hanya di masalah transportasi yang dipermudah melalui rute yang diberikan, melainkan juga masalah penginapan. Persoalan yang kadang bisa menjadi masalah krusial bagi beberapa orang.

Anda bisa menggunakan berbagai jenis penginapan. Mulai dari harga termurah untuk backpacker dengan duit pas-pasan, hingga traveler yang membawa uang melimpah, semua disediakan oleh pemerintah. Nah, komplain apa lagi? Segera lingkari kalendermu, dan saksikannya keindahan laut Bunaken dan acaranya.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Beli Stopmap Lucu untuk Membuatmu Lebih Rapi dalam Menyimpan Dokumen

Beli Stopmap Lucu untuk Membuatmu Lebih Rapi dalam Menyimpan Dokumen

Pentingnya Membangun Rumah Bagi Pasangan yang Baru Menikah

Pentingnya Membangun Rumah Bagi Pasangan yang Baru Menikah