Festival Pasar Terapung 2018: Sensasi Belanja Kebutuhan Masyarakat di Sungai!
Sumber gambar: KSMTour.com
in

Festival Pasar Terapung 2018: Sensasi Belanja Kebutuhan Masyarakat di Sungai!

UGET-UGET | Kota Banjarmasin merupakan ibu kota Provinsi Kalimantan Selatan. Menyandang julukan “Kota Seribu Sungai”, peran sungai bagi kehidupan masyarakat Banjarmasin tak bisa dipisahkan. Sungai menjadi tempat untuk segala jenis aktivitas masyarakat, sejak masa pra-kemerdekaan hingga sekarang, terutama di bidang perdagangan dan transportasi.

Oleh Pemerintah Kota Banjaramasin, sungai-sungai tersebut difungsikan sebagai magnet bagi pertumbuhan ekonomi, khususnya pariwisata. Menurut data dari Dinas Pemukiman dan Prasarana Kota ( Kimprasko) Banjarmasin, terdapat 117 sungai pada tahun 1997, lalu pada tahun 2004 hingga sekarang hanya tinggal 60 sungai saja.

Meski jumlah sungai mengalami penurunan, akibat penataan kota dan daratan yang tak mengikuti alur sungai, peran sungai bagi kehidupan masyarakat setempat tetap sulit untuk dipisahkan. Dan salah satu produk kebudayaan masyarakat yang tak terkikis zaman adalah keberadaan pasar terapung yang terletak di sungai Barito.

Di pasar terapung, para pembeli dan pedagang menggunakan perahu, atau lebih dikenal dengan sebutan jukung, untuk berjualan dan mencari barang. Selain itu, para wisatawan yang mendatangi kota Banjarmasin, biasanya akan menyempatkan waktu untuk mengunjungi pasar unik yang hanya ada satu di Indonesia ini.

Festival Pasar Terapung 2018: Sensasi Belanja Kebutuhan Masyarakat di Sungai!
Sumber gambar: KSMTour.com

Festival Pasar Terapung 2018

Melihat keunikan yang dimiliki daerah ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan didukung oleh Kementerian Pariwisata mengadakan event tahunan Festival Pasar Terapung Banjarmasin 2018. Menurut rencana, festival ini akan diselenggarakan pada 24-26 Agustus 2018 dan berpusat di sepanjang tepi sungai Martapura di Jalan Pierre Tendean.

Di pasar tersebut, Anda bisa menemukan berbagai kerajinan dan produk alam dari Banjarmasin. Selain itu, Anda juga bisa mengicipi kenikmatan sajian kuliner khas kota ini.

Selain merasakan sensasi berbelanja di pasar terapung, pengunjung juga akan dimanjakan dengan tampilan kegiatan menarik seperti Parade Budaya, Karnaval Fashion Banjar, Festival Sinoman Hadrah, Gim Tradisional Balogo, Festival Kuliner Desa Banjar, Festival Kain Tradisional Sasirangan dan kompetisi untuk Chef Hotel dan Restoran Terbaik.

Tidak tanggung-tanggung, festival ini akan diselenggarakan selama tiga hari penuh dan akan menampilkan berbagai atraksi seni budaya. Acara yang diselenggarakan bertepatan dengan ulang tahun ke-492 kota Banjarmasin ini diharapkan akan mendongkrak kedatangan wisatawan, baik wisatawan lokal, nasional maupun mancanegara.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Gara-gara Buku, Kedua Siswa SD Ini Berkelahi dan Berujung Kematian

Gara-gara Buku, Kedua Siswa SD Ini Berkelahi dan Berujung Kematian

Presiden Indonesia Dalam 7G

Presiden Indonesia Dalam 7G