Festival Bahari Kepri 2018 Sajian Keindahan Bahari dan Lomba Tradisi
Sumber gambar: www.tribunnews.com
in

Festival Bahari Kepri 2018: Sajian Keindahan Bahari dan Lomba Tradisi

UGET-UGET | Tahun ini, Kepulauan Riau (Kepri) kembali menyelenggarakan Festival Bahari Kepri (FBK) pada 15-23 September 2018. Oleh pemerintah Republik Indonesia, melalui Kementerian Pariwisata, festival ini dicantumkan dalam 100 Wonderful Indonesia Events tahun 2018.

Digelar di beberapa tempat, termasuk ibu kota Tanjung Pinang, FBK menyajikan berbagai event pariwisata, baik bahari, alam, budaya, permainan tradisional, dan modern. Selain itu, dengan semangat menjadikan Kepri sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia, event yang digelar setahun sekali ini akan dijalankan seiring dengan program acara dari Sail Nasional.

Penyeiringan ini sendiri bertujuan untuk memperkenalkan potensi wisata bahari Kepri kepada para pecinta Yacht dan Kapal dari luar negeri. Selama festival berlangsung, Kepri akan dimeriahkan oleh antusiasme penduduk setempat dan kunjungan dari pemilik Yacht dan Kapal yang berasal dari berbagai negara, di antaranya adalah Singapura dan Malaysia.

Dilansir dari Pedomanwisata.com, penyelenggaraan tahun ini Pemerintah Provinsi Kepri bekerja sama dengan Indonesian Chef Association (ICA) dan Batam Tourism Polytechnic dalam pameran berbagai hidangan lokal saat festival berlangsung.

Festival Bahari Kepri 2018: Sajian Keindahan Bahari dan Lomba Tradisi
Sumber gambar: Halallifestyle.id

Selama festival berlangsung, pengunjung dapat menginap dan menikmati pertunjukan seni yang diadakan setiap malam di gedung-gedung daerah dan gonggong. Pemerintah setempat juga mengundang beberapa komunitas lain untuk memeriahkan acara tersebut. Di antaranya adalah kelompok pendaki gunung Pahang, Dunia Melayu Dunia Islam, Komunitas Fotografi Kuala Lumpur dan kelompok penggemar band melayu dari Singapura dan Malaysia.

Setiap sore, pengunjung bisa menikmati berbagai pertunjukkan seperti Festival Sungai Carang yang ingin melestarikan budaya Melayu. Dalam festival ini, akan ditampilkan Festival Gurindam 12, Festival Kuliner, Festival Drum Band dan parade perahu dekorasi pada malam hari.

Tak hanya itu, Pemerintah Provinsi selaku penyelenggara menyiapkan Lomba Perahu Naga Tanjung Pinang yang menjadi sajian utama FBK. Perlombaan tersebut rencananya diikuti oleh peserta lokal maupun wisatawan asing.

Saat ini, Kepri tercatat dalam tiga destinasi wisata dengan jumlah pengunjung wisatawan mancanegara tertinggi dengan angka 20 persen. Angka itu merupakan angka tertinggi ketiga, setelah Jakarta sebanyak 30 persen dan Bali dengan 40 persen.

Lokasi Provinsi Kepri yang terdiri atas 5% daratan dan 95% lautan serta berada di ujung Timur Selat Melayu, menjadikan daerah ini cukup strategis untuk disebut sebagai Gerbang Wisata Bahari Indonesia.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Media Komik Perlu Didampingi Orang Tua

Proses Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia dengan Media Komik Perlu Didampingi Orang Tua

Guru Wiyata Berprestasi Buat Inovasi yang Sangat Bermanfaat, Mau Tahu?

Guru Wiyata Berprestasi Buat Inovasi yang Sangat Bermanfaat, Mau Tahu?