Evoware, Gelas dari Rumput Laut yang Bisa Dimakan
Sumber gambar: gandengtangan.org
in

Evoware, Gelas dari Rumput Laut yang Bisa Dimakan

UGET UGET – Start up Indonesia PT Evogaia Karya Indonesia ciptakan gelas yang bisa dimakan. Gelas yang dinamakan Evoware ini dibuat dari rumput laut. Teksturnya kenyal dan lentur seperti jelly dan punya beragam rasa. Ide ini muncul untuk mengatasi permasalahan sampah gelas plastik sekali buang.

Lalu keamanannya bagaimana? Tenang, Evoware ini dijamin aman karena dibuat dari bahan-bahan alami dan berkualitas. Evoware tidak menggunakan pemanis buatan maupun pengawet, dan tidak mengandung unsur hewani sama sekali. Dengan begitu Evoware bisa dikonsumsi oleh semua kalangan dan tentunya menyehatkan.

Ide ini digawangi oleh pendiri Evoware, David Christian. Dia ingin mengentaskan permasalahan sampah di kota-kota besar di Jakarta melalui inovasinya membuat kemasan ramah lingkungan. Misinya sangat mulia, setidaknya peralihan gelas plastik kemasan ke Evoware dapat mengurangi penggunaan gelas plastik sekali pakai sekaligus mengurangi dampak pemanasan global.

Warna gelas ini beragam ada yang oranye, biru, merah muda, hijau, putih, merah, hingga kuning. Evoware tak hanya ada dalam bentuk gelas saja. Melainkan ada pula untuk bungkus kopi dan bumbu yang bisa larut saat terkena air panas. Jadi saat hendak minum kopi atau menyeduh mie, kalian tidak perlu menyobek plastiknya terlebih dahulu. Langsung saja masukkan bersama bungkusnya, karena kemasannya juga bisa dimakan. Tempat sampah di rumahmu jadi tidak penuh deh. Praktis bukan?

Saat ini Evoware diproduksi di Jakarta tepatnya di Jalan Pulomas Barat, RT 14, Kayu Putih, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur. Penggunaan Evoware sejauh ini cukup beragam, mulai dari wadah minuman, kemasan bumbu, kemasan minuman bubuk, kemasan makanan cepat saji, wadah es krim, hingga sabun mandi.

Dilansir voaindonesia, meskipun produksi rumput laut cukup melimpah, yakni mencapai 10 juta ton per tahun. Harga Evoware masih lima kali lebih mahal daripada plastik. Sehingga orang masih mengandalkan bahan dasar plastik untuk kemasan produk.

Sejauh ini kita mengenal kemasan yang bisa dimakan berupa cone, yang sering digunakan sebagai wadah es krim. Harganya pun tergolong murah, banyak ditemui pula pada es krim dung dung yang kerap lewat menggunakan gerobak di depan rumah saya. Namun bahan yang digunakan jelas berbeda dengan Evoware yang menggunakan rumput laut. Evoware ini meskipun kita tidak memakannya sampai habis, sisa gelasnya bisa dijadikan pupuk tanaman loh. Keren kan?

Saking kerennya penemuan ini, penemuan David ini terakhir berhasil masuk sebagai satu dari tiga pemenang ajang kompetisi startup bertajuk DBS-NUS Social Venture Challenge Asia (SVC Asia) 2017, yang diadakan oleh Foundation dan National University of Singapore (NUS) Enterprise. Ayo mulai beralih ke Evoware!

Sumber gambar: gandengtangan.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Kolom Miss Understanding di Fanspage U.S. Embassy – Jakarta Indonesia Bisa Bantu Asah Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Kolom “Miss Understanding” di Fanspage U.S. Embassy – Jakarta Indonesia Bisa Bantu Asah Kemampuan Bahasa Inggris Kita

Apa Jadinya Jika Pemain-pemain Hebat Ini Pindah ke Barcelona

Apa Jadinya Jika Pemain-pemain Hebat Ini Pindah ke Barcelona?