Event Jogja Sekaten: Ini Tipsnya Pergi ke Sekaten yang Wajib Kamu Tahu

Event Jogja Sekaten: Ini Tipsnya Pergi ke Sekaten yang Wajib Kamu Tahu

UGET UGET – Hai, warga Jogja. Event Jogja Sekaten, sudah dimulai. Saya ada beberapa tips untuk kalian yang mau pergi ke Sekaten.

Tips ini saya tulis berdasarkan pengalaman saya ketika pergi ke event Jogja Sekaten, baik tahun ini dan tahun-tahun sebelumnya. Setiap tahun saya memang selalu datang ke sana dengan orang yang berbeda-beda pula, baik kawan atau keluarga. Menurut saya datang ke sana rame-rame lebih seru dan asyik.

Saya amati betul suasana dan kondisi di sana setiap tahunnya itu seperti apa. Tentunya, ramai banget. Berdasarkan pengamatan itulah, saya ingin berbagi tips-tips sederhana yang mungkin jarang banget kalian perhatikan. Berikut tips pergi ke event Jogja Sekaten.

  1. Pilih tanggal dan hari selain hari Sabtu Malam

Ada apa dengan hari Sabtu Malam? Okay, di hari Sabtu malam atau malam Minggu biasanya hampir semua orang melakukan aktivitas refreshing dengan berkunjung ke tempat-tempat favorit atau ke tempat yang suasananya indah atau bagus. Lagi pula, kalau hari besoknya adalah hari libur. So, bisa digunakan untuk istirahat santai di rumah bersama keluarga.

Maka dari itu, tempat-tempat wisata atau tempat-tempat yang kebetulan menggelar acara tahunan bakalan dikunjungi banyak pengunjung, seperti event Jogja Sekaten di Alun-Alun Utara, Yogyakarta.

Kebetulan kemarin Sabtu saya datang ke sana langsung shock. Baru pertama kali ini saya pergi ke sana naik motor menghabiskan waktu sekitar 1 jam perjalanan. Seharusnya hanya 30 menit. Itu baru perjalanan sampai ke tempat parkir sebelah timur.

Kemudian, dari tempat parkir saya jalan kaki menuju lokasi Alun-Alun Utara dan menghabiskan waktu setengah jam. Padahal, seharusnya hanya 3-5 menit saja sudah sampai. Malam itu benar-benar beda dari malam yang lain.

Betapa sulitnya saya berjalan di antara ribuan manusia dan kendaraan, baik motor maupun mobil. Saling berebut jalan dan berdesak-desakkan layaknya nonton konser musik besar.

So, usahakan pilih hari selain Sabtu malam, ya.

  1. Datanglah sore hari

Datang waktu sore hari ini buat antisipasi supaya nggak terkena macet. Kalau sudah macet itu sudah nggak enak. Apalagi kondisinya kita baru kebelet buang air kecil, tapi terjebak dalam kondisi yang seperti itu. Rasanya sudah nggak karuan.

  1. Pakai alas kaki yang nyaman

Usahakan pakai alas kaki yang nyaman seperti sepatu. Kenapa? Karena di sana kamu bakalan jalan-jalan dengan waktu yang lama sambil menikmati wahana permainan dan jajanan.

Jangan salah! Kenyamanan hati bisa berawal dari kenyamanan alas kaki. Kalau alas kaki, misalnya sandal yang kamu pakai buat kakimu sakit, itu sudah nggak nyaman banget. Akhirnya bikin kamu badmood.

  1. Bawa air mineral

Air mineral itu penting, lho. Jangan salah. Selain irit di kantong, bawa air minum sendiri bisa mengatasi keadaan jika kamu dalam kondisi yang benar-benar haus di jalan tanpa harus mampir membeli minuman dulu.

Misalnya, kamu terjebak dalam kondisi macet untuk beli minuman pasti susah. Ketika kondisi macet, kamu justru bisa menghabiskan banyak energi karena suhu udara sekitar akan naik, sehingga dampaknya udara menjadi panas, keringetan, suasana hati jadi mudah emosi, dan sebagainya.

So, lebih baik sediakan air mineral dari rumah.

  1. Tentukan lokasi parkir yang strategis

Cara memilih lokasi parkir yang strategis adalah pilih yang jarak antara pintu utama Alun-Alun dengan jarak tempat parkir agak jauh. Mengapa? Karena lokasi yang terlalu dekat dengan halaman Altar akan menyulitkan kamu keluar nantinya. Kamu akan kesulitan mengambil motor karena di sana pasti ramai pengunjung.

Lokasi yang dipilih juga jangan terlalu jauh. Pastikan pilih lokasi parkir yang punya halaman parkir sendiri dan luas. Jadi, bukan di pinggir jalan karena akan mengganggu laju kendaraan lain.

Kalau saya lebih suka parkir di halaman keraton jika dari arah timur. Lokasinya berada di utara jalan. Selain tempatnya nyaman dan strategis, biaya parkirnya lebih murah, yaitu 3000 rupiah dibandingkan tempat lain, yaitu 5000 rupiah.

  1. Perhatikan posisi barang bawaan

Tidak perlu membawa barang berharga seperti emas dan lainnya karena akan rawan kriminal di sana. Selain itu, yang terpenting sebenarnya adalah posisi kamu membawa barang bawaan seperti tas, handphone, dan dompet.

Lebih baik taruhlah tas kamu di posisi depan badan. Jadi, jangan digendong di bagian belakang supaya barang-barang tidak mudah diambil orang.

  1. Jaga rombongan

Kalau kamu datang ke sana dalam satu rombongan, lebih baik jangan berpencar-pencar. Nanti akan menyulitkan teman kamu mencari. Apalagi dalam kondisi ramai pengunjung, jarak antar teman atau keluarga jangan terlalu jauh. Mungkin kamu bisa bergandengan tangan dengan temanmu.

Kalaupun ingin berpisah-pisah, pastikan kamu dan rombongan sudah menentukan tempat kumpul dan waktu kumpul, sehingga akan memudahkan kalian sewaktu pulang.

  1. Jaga kondisi tubuh

Menjaga kondisi tubuh perlu diperhatikan, ya. Kalau kondisi tubuhmu kurang fit lebih baik buat istirahat atau pulang ke rumah. Tidak baik memaksakan diri berjalan-jalan di sana dengan kondisi yang seperti itu.

Apalagi memaksakan diri naik wahana Kora-Kora, Roller Coaster, atau wahana permainan yang menguji adrenalin, bisa membuat diri kamu tambah sakit. Ujung-ujungnya kalau terlalu dipaksakan dan pingsan akan merepotkan orang lain.

Itu saja yang bisa saya bagi ke kamu. Ibarat kata pepatah sedia payung sebelum hujan. Lebih baik kita berjaga-jaga karena kondisi dan situasi kita tak akan pernah tahu. Semoga bisa membantu, ya. Share ke teman-teman kalian juga.

Sumber gambar: solo.tribunnews.com

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu