Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia
Sumber gambar: CIOFF Indonesia
in

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia

UGET-UGET | Kesenian tradisi tidak akan pernah mati. Anak-anak boleh bermain gadget dan larut dalam gim PUBG atau Mobile Legend. Tapi akan selalu ada anak-anak, orang dewasa, atau bahkan masyarakat yang tetap menjaga keberlangsungan tradisi mereka. Terlebih di Indonesia, negara yang masing-masing daerah memiliki tradisi unik untuk dinikmati maupun dihayati.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki strategi untuk melestarikan kebudayaan setempat. Pada tahun 1971, Pemkab Kutai Kartanegara menyelanggarakan Erau, yang menurut Wikipiedia merupakan salah satu festival budaya tertua di Nusantara.

Pelaksanaannya sendiri bertepatan dengan hari jadi Tenggarong (berdiri sejak 28 September 1782). Tradisi tahunan ini telah berlangsung selama beradad-abad, sejak masa awal Kesultanan Kutai Berdiri.

Mengenali Erau

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia
Sumber gambar: CIOFF Indonesia

Istilah “erau” berasal dari kata “eroh” yang dalam bahasa Melayu Kutai Tenggarong bermakna keramaian pesta ria atau secara umum dapat dimaknai sebagai pesta rakyat. Dahulu, Erau merupakan hajatan besar bagi Kesultanan Kutai Martanegara ing Martadipura dan masyarakat di seluruh wilayah kekuasaannya yang kini mencakup sebagian besar wilayah Kalimantan Timur.

Pada awalnya, perhelatan ini berlangsung selama 40 hari 40 malam dan diikuti oleh segenap lapisan masyarakat.

Dalam perhelatan tersebut, rakyat dari berbagai penjuru negeri berpesta ria dengan mempersembahkan sebagian dari hasil buminya untuk dibawa ke Ibukota Kesultanan.

Hal ini berkaitan dengan salah satu fungsi dari Erau sebagai wujud rasa syukur atas limpahan hasil bumi yang diperoleh rakyat Kutai. Keluarga besar Kesultanan pun menjamu rakyatnya dengan beraneka sajian sebagai bentuk rasa terima kasih atas pengabdian mereka kepada Kesultanan.

Setelah Indonesia merdeka, atas usulan Kementerian Pariwisata, Pemkab Kutai Kartanegara menjadikan Erau sebagai festival yang diadakan setiap bulan Juli. Pelaksanannya sendiri bebarengan dengan masa liburan.

Dari Tradisi, Ke Festival yang Mendunia 

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia
Sumber gambar: YouTube

Pada tahun 2013, Pemkab Kutai Kartanegara mendapatkan kesempatan untuk bekerja sama dengan CIOFF (International Council of Organizations of Folklore Festivals and Folk Arts). Hasilnya, Pemkab menggabungkan upacara adat Erau dengan International Arts Festival dan ajang tahunan tersebut berganti nama menjadi EIFAF, yang artinya Erau International Folk Art Festival.

Pada tahun 2016, perhelatan ini tercatat sebagai Festival Budaya Populer Anugerah Pesona Indonesia 2016 dan sebagai salah satu dari ratusan festival seni rakyat internasional yang berdiri di bawah CIOFF yang berkantor pusat di Paris, Perancis.

Tahun ini, EIFAF akan berlangsung dari 21 sampai 29 Juli. Bisa dipastikan, perhelatan tahun ini akan berlangsung meriah, karena banyaknya peserta lokal, nasional, dan ada juga yang berasal dari mancanegara.

Seperti yang tahun sebelumnya, seluruh rangkaian acara EIFAF 2018 akan diselenggarakan di Tenggarong, ibukota Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Wilayah ini berjarak sekitar 47 km dari Samarinda. Jika Anda ingin hadir, Anda bisa menggunakan pesawat dan turun di Bandara Sepinggan, Balikpapan. Dari bandara tersebut, Anda berganti maskapai tujuan Samarinda.

Tak perlu risau masalah penginapan. DI Tenggarong, terdapat sejumlah hotel sederhana dan penginapan. Jika kehabisan, Anda bisa mencari di Samarinda yang memiliki lebih banyak tempat penginapan dan hanya membutuhkan waktu tempuh satu jam ke Tenggarong melalui perjalanan darat.

Sekilas Tentang Acara

Erau International Art Festival: Tradisi Setempat yang Mendunia
Sumber gambar: Indonesia Kaya

Tahun ini, EIFAF akan menampilkan kirab atau parade budaya internasional, panggung kesenian rakyat internasional, festival kesenian daerah Kutai, street performance (pertunjukkan seni di jalan), pesta tradisional Beseprah, ritual Belimbur, Ngulur Naga, dan masih banyak lagi upacara tradisional Kutai.

Untuk Kirab Budaya Internasional, Anda bisa menyaksikan parade pakaian atau kostum tradisional dari negara-negara peserta. Beseprah adalah bentuk pesta rakyat tradisional yang berupa tradisi makan bersama dan digelar di jalan utama sepanjang satu kilometer. Sedangkan belimbur adalah sebuah ritual tradisi di mana para peserta saling menyiram dengan air yang diambil dari Sungai Mahakam.

So, gak usah bingung untuk menentukan destinasi wisatamu. Segera pesan tiket keberangkatan menuju Kalimantan dan temukan keindahan alam serta tradisi setempat dalam acara Erau International Folk Art Festival.

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Curhatan Ridwan Kamil Tentang Anaknya Jadi 'Korban' Sistem Zonasi PPDB

Curhatan Ridwan Kamil Tentang Anaknya Jadi ‘Korban’ Sistem Zonasi PPDB

Seputar Gaya Hidup dan Obesitas yang Harus Kamu Pahami

Seputar Gaya Hidup dan Obesitas yang Harus Kamu Pahami