Mobil-Mobil Canggih di Masa Mendatang, Menyambut Era Mobil Listrik
Sumber gambar: tribunnews.com
in

Mobil-Mobil Canggih di Masa Mendatang, Menyambut Era Mobil Listrik

UGETUGET | Menyambut datangnya era mobil listrik. Saat ini, jumlah mobil dan motor semakin banyak. Akibatnya jalanan jadi macet, udara makin kotor, dan persediaan minyak bumi semakin terkuras. Padahal, kita sangat perlu minyak bumi untuk keperluan yang lain.

Karena itu, para ahli mulai memikirkan cara membuat mobil yang lebih canggih. Mobil yang tak perlu bahan bakar bensin atau solar. Gampangnya mobil yang tidak membuat polusi.

Jika tak berbahan bakar bensin atau solar, lantas berbahan bakar apa?

Mobil Listrik

Mobil listrik nasional
Sumber gambar: tribunnews.com | Mobil listrik nasional.

Perusahaan mobil internasional seperti Toyota, General Motor, dan Ford telah mencoba membuat mobil listrik. Mobil ini memakai tenaga listrik yang disimpan dalam baterai.

Cara kerja mobil listrik ini mirip mainan mobil remote control. Mereka membutuhkan baterai untuk menggerakkan mesin dan roda. Satu mobil perlu sekitar 12-24 baterai atau lebih.

Baterai mobil listrik ini ada yang mirip aki. Persis seperti yang ada pada mobil saat ini. Ada juga yang seperti baterai nicel cadnium yang sering dipakai pada video game atau handycam. Hanya ukurannya jauh lebih besar.

Ternyata, negara kita pun sudah bisa membuat mobil listrik sendiri. Namanya marlip alias marmut listrik. Mobil ini dibuat oleh ilmuwan Indonesia yang bekerja di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

Pom Listrik

Pom pengisian baterai kendaraan listrik
Sumber gambar: idntimes.com | Pom pengisian baterai kendaraan listrik.

Baterai mobil listrik pada umumnya dapat dipakai untuk menempuh jarak sekitar 160 kilometer. Berarti Marlip kita lebih hebat. Karena, batarainya bisa digunakan untuk menempuh jarak 300 kilometer. Setelahnya, baterai harus diisi lagi.

Ada tempat khusus untuk mengisi baterai. Mirip pom bensin, namun diisikan listrik. Jadi, enaknya disebut pom listrik. Hahahaha…

Pom listrik ini tidak hanya berada di satu tempat tertentu. Orang yang punya mobil listrik bisa membangun pom listrik sendiri rumah. Tak perlu tempat luas karena alat isi ulang listrik ini tidak sebesar mesin pom bensin.

Mobil Tenaga Surya

Selain mobil listrik, para ilmuwan pun mengembangkan mobil tenaga surya. Mobil ini memakai panas matahari untuk menggerakkan mesin.

Mobil tenaga surya dilengkapi alat yang bernama photovaltaic. Photovaltaic terdiri dari banyak plat yang digabung menjadi satu. Alat ini berfungsi mengubah energi panas matahari menjadi energi listrik.

Satu keping kecil plat bisa menghasilkan listrik satu setengah volt. Jadi, kekuatannya seperti satu baterai yang biasa kita gunakan untuk mobil-mobilan.

Hanya saja perlu ratusan plat pada photovoltaic untuk menggerakkan satu mobil tenaga surya.

Mobil listrik bertenaga surya pertama di Indonesia
Sumber gambar: otomotif.kompas.com | Mobil listrik bertenaga surya pertama di Indonesia.

Masih Perlu Disempurnakan

Mobil bertenaga surya punya banyak keuntungan. Ia tidak bising. Tidak menimbulkan polusi udara. Namun, ia masih memiliki kekurangan.

Mobil ini harus membagi sinar matahari yang diterimanya. Pertama, untuk menggerakkan mesin. Kedua, untuk disimpan di baterai demi berjaga-jaga jika cuaca mendung atau malam tiba.

Mobil ini sebenarnya bisa saja menyimpan semua listrik yang dihasilkannya ke dalam baterai. Tetapi hal itu bisa membuat kerja mesin jadi lambat. Karenanya, ilmuwan-ilmuwan masih terus berusaha menyempurnakan mobil tenaga surya ini.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Ddu-du ddu-du, Nasib Baik Black Pink Terus Meroket

Ddu-du ddu-du, Nasib Baik Black Pink Terus Meroket

5 Selebgram Indonesia Ini Bikin Gregetan! Nomor 4 Paling Greget

5 Selebgram Indonesia Ini Bikin Gregetan! Nomor 4 Paling Greget