Embung Potorono, Tempat Wisata yang Asik Untuk Masyarakat
Sumber gambar: YouTube
in

Embung Potorono, Tempat Wisata yang Asik Untuk Masyarakat

UGETUGET | Tak sekadar menjadi tempat resapan air sekaligus tampungan air hujan, keberadaan Embung Potorono ini juga banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai ruang publik baru, baik untuk bersantai, berolahraga maupun kegiatan rekreasi lainnya.

Yup. Embung Potorono merupakan sebuah telaga yang berada di pingir sungai di Dusun Salakan Desa Potorono. Di Telaga Desa Potorono ini kita dapat bersantai menikmati indahnya pemandangan.

Embung Potorono yang asik
Sumber gambar: potorono.bantulkab.go.id

Telaga Desa Potorono ini bisa menjadi salah satu tempat wisata yang layak kamu kunjungi bersama keluarga lho, gaes.

Hampir setiap pagi atau pun sore hari, kawasan telaga desa ini ramai dikunjungi masyarakat. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lansia datang berkunjung ke kawasan yang terletak tak jauh dari jalan raya Jogja – Wonosari ini.

Memiliki luas sekitar 4.800 meter persegi, Embung Potorono dibangun di atas lahan wanadesa seluas 30 ribu meter persegi. Menelan anggaran mencapai Rp 2,8 miliar, embung ini secara khusus ditujukan untuk menampung luapan air hujan dari Sungai Mruwe atau Tambakbaya di dekatnya.

Jika kita berkunjung ke tempat wisata itu. Kita bisa berjalan kaki, jogging, memberi makan ikan karena di telaga yang diisi oleh ribuan ikan, dan jajan makanan ringan yang dijual di pinggiran Embung.

Wisata Embung Potorono yang lagi ramai dipadati pengunjung
Sumber gambar: YouTube

Kalau pagi dan sore hari udara tidak terlalu panas. Ada space juga buat berfoto cantik, bagus untuk dipajang di instagram. Oh iya di pinggiran Embung juga disediakan kursi taman dan gazebo-gazebo kayu yang bisa untuk istirahat keluarga.

Namun sampai saat ini Embung Potorono belum diserah-terimakan ke desa. Peresmian juga belum. Namun secara nyata sudah memberikan manfaat. Saat terjadi peristiwa badai Cempaka lalu, adanya embung ikut berkontribusi menampung luapan air sungai, sehingga mencegah terjadinya banjir.

Dengan potensi wisata yang dimilikinya, embung Potorono juga diharapkan dapat meningkatkan ekonomi masyarakat sekitar. Banyaknya warga yang datang dapat memicu tumbuhnya warung-warung di sekitar lokasi.

Di sana juga sudah mulai membentuk Pokdarwis. Dan pengelolaan embung akan dilakukan oleh Pokdarwis sebagai salah satu unit BUMDes.

Sementara itu, salah seorang warga, Hapsari, asal Ngipik, Banguntapan, mengaku senang dengan dibangunnya embung atau telaga desa Potorono. Keberadaan embung tersebut dikatakan dapat menjadi tempat rekreasi murah bagi warga.

Jika Anda berkunjung ke Desa Potorono, sempatkanlah berkunjung ke Telaga Desa Potorono. Untuk sekedar liburan dan bersantai bersama keluarga. Lokasi wisata Telaga Desa Potorono juga tidak jauh dari obyek wisata di sekitar Jl. Jogja – Wonosari kok.

Written by Rizky

Manusia Rock n Roll

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Berlebih, Tubuh Kembali Sehat

Cara Mengatasi Asam Lambung yang Berlebih, Tubuh Kembali Sehat

Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Komedo, Murah Kok

Jeruk Nipis Untuk Mengatasi Komedo, Murah Kok