Ini Lho Efek Cahaya Gawai Bagi Kulitmu
Sumber gambar: hellosehat.com
in

Ini Lho Efek Cahaya Gawai Bagi Kulitmu

UGET UGET – Gawai sudah menjadi gaya hidup masyarakat modern. Setiap hari menatap layar gawai sudah menjadi kebutuhan. Entah itu untuk urusan kampus, pekerjaan, pencarian informasi, maupun sekadar berelasi. Padahal, tahukah kamu efek cahaya yang dipancarkan gawai dapat mempercepat penuaan kulit wajahmu lho.

Mobilitas yang tinggi membuat orang begitu mengandalkan gawai, baik itu komputer, smartphone, tablet, PC, laptop, dan lain sebagainya. Karenanya orang menghabiskan banyak waktu di depan gawai. Tak hanya hitungan menit, tetapi hingga berjam-jam.

Padahal perlu diketahui bahwa cahaya gawai juga memiliki energi yang tinggi. Meski berbeda dengan sinar UVA dan UVB yang memberikan paparan radiasi dan dapat menyebabkan kanker kulit. Namun cahaya gawai tetap memiliki efek berbahaya bagi kulit. Ya, cahaya gawai dapat berdampak bagi penuaan dini lho.

Ada sebuah riset yabg telah membuktikan hal ini. Riset ini telah dipublikasikan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity. Riset yang mengujicobakan sembilan orang ini menemukan fakta bahwa karotenoid pada kulit menurun ketika terpapar sinar gawai.

Seperti diketahui karotenoid ini membantu memberikan warna pada kulit. Dan ketika terlalu sering menatap gawai, kulit akan semakin gelap dan terdapat bintik-bintik coklat. Bintik ini muncul karena kekurangan pigmen organik tersebut. Sehingga membuat penampilan wajah tak sesuai dengan usianya.

Bahkan ada fakta yang jauh lebih mencengangkan lagi nih guys. Dilansir kompas.com, menurut Sweta Rai, Jurubicara British Association of Dermatologists, cahaya berenergi tinggi dari gawai tersebut mampu menembus lebih dalam ke dalam kulit dibandingkan dengan sinar UV. Bayangkan betapa bahayanya guys.

Karena itu, kita perlu lebih bijak lagi dalam menggunakan gawai. Kalau tidak perlu sebaiknya kurangi menyentuh gawai. Selain itu, rutinlah menggunakan krim wajah atau skin food yang memiliki manfaat anti penuaan atau anti aging. Supaya kulit tetap ternutrisi dan lembab.

Kamu juga bisa mengurangi kecerahan layar gawaimu. Setidaknya ini bisa mengurangi sedikit energinya. Kamu juga bisa menggunakan pelindung layar, seperti screen guard maupun tempered glass supaya paparan sinar gawai tidak langsung mengenai wajahmu.

Namun di samping itu, mengingat gawai sudah menjadi sebagian dari gaya hidup, maka perlu untuk menemukan kesadaran akan batas penggunaannya. Better put your gadget and try to talk to others.

Sumber gambar: hellosehat.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

AC Milan Menang vs Ludogorets, Patrick Cutrone Pantas Diandalkan

AC Milan Menang vs Ludogorets, Patrick Cutrone Pantas Diandalkan

Selingkuh Bukan Perkara Kemampuan Tetapi Kemauan

Selingkuh Bukan Perkara Kemampuan Tetapi Kemauan