E-Skin Bantu Kembalikan Fungsi Kulit Pada Bagian Tubuh yang Diamputasi
Sumber gambar: www.indialivetoday.com
in

E-Skin Bantu Kembalikan Fungsi Kulit Pada Bagian Tubuh yang Diamputasi

UGET UGET – Hidup memang terkadang tidak berjalan mulus seperti yang diharapkan. Kondisi tubuh yang tadinya lengkap, bisa saja mengubah diri kita menjadi difabel. Karena satu dan lain hal, bagian tubuh tertentu harus diamputasi. Risikonya, orang tidak akan merasakan apapun lagi pada bagian yang diamputasi. Namun, kini berkat teknologi e-skin, membuat bagian tersebut tak mati rasa lagi.

Keputusan medis untuk mengamputasi bagian tubuh, tentu membuat seseorang seakan kehilangan harapan hidup. Selain akan mendapat pandangan rendah sari orang lain, orang tersebut harus memulai segalanya dari awal sebagai pribadi yang baru. Kondisinya bahkan membuat beberapa fungsi hilang.

Kasus hilangnya indera perasa juga dialami mereka yang mengalami musibah kulitnya tersiram air keras, terbakar, atau memang disengaja untuk prosedur operasi plastik. Musibah tersebut membuat sensitivitas kulit terganggu. Bahkan beberapa kasus, membuat orang yang bersangkutan kehilangan sensor perasanya.

Namun kini kekhawatiran itu bisa ditangani oleh sebuah alat canggih bernama e-skin. E-skin ini memiliki bentuk persegi panjang tipis berwarna kuning yang bisa ditempelkan pada anggota tubuh baru tersebut. Dan teknologi ini mampu membuat lokasi amputasi bisa merasakan rangsangan lagi.

Dilansir viva.co.id, e-skin dilengkapi dengan sensor yang bisa mengukur tekanan, suhu, aliran udara, dan kelembapan pada kulit. Sehingga fungsinya menyerupai kulit asli. Jadi pemakainya bisa merasakan kembali sensasi panas, dingin, perih, geli, tekanan, dan rangsangan lainnya.

Alat ini keren banget deh. Pasalnya, jika e-skin ini robek, kamu bisa memperbaikinya hanya dengan merendamnya dalam larutan daur ulang. Jadi layaknya kulit yang tergores, kulit mampu memperbaiki dirinya sendiri guys.

Tak hanya sampai di situ, kabarnya e-skin ini bisa digunakan pada robot juga lho. Nah ini bisa menambah nilai sempurna dalam diri robot nih. Bagaimana tidak, e-skin membuat robot tidak hanya berbekal kecerdasan buatan saja, melainkan ditambah dengan fungsi perasa pada kulit. Sehingga robot bisa menjadi benda yang “peka”.

Alat ini mampu memberikan harapan baru bagi mereka yang kehilangan sensor perasa. Sebab kita tahu bahwa kulit menjadi salah satu indera perasa yang penting bagi tubuh manusia. Tanpa indera perasa, akan sulit untuk kita melindungi diri dari ancaman yang mungkin membahayakan keselamatan.

Sumber gambar: www.indialivetoday.com

https://www.youtube.com/watch?v=O6VsR1AK_io

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Sikap Ambisius Itu Perlu, Asal Bisa Mengarahkannya

Sikap Ambisius Itu Perlu, Asal Bisa Mengarahkannya

Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana

Pelajaran Hidup dari Plato yang Bisa Membuat Kita Lebih Bijaksana