Reaksi Dunia Sepak Bola Terhadap Konflik Palestina dan Israel
Sumber gambar: www.independent.co.uk
in

Reaksi Dunia Sepak Bola Terhadap Konflik Palestina dan Israel

UGET UGET Konflik yang terjadi antara Palestina dan Israel mengundang banyak perhatian dari berbagai kalangan, termasuk dari dunia sepak bola. Terlebih akhir-akhir ini dunia tengah dipanaskan dengan pengakuan kontroversial Donald Trump atas Yerusalem sebagai ibukota Israel.

Pengakuan tersebut jelas tidak dapat diterima oleh rakyat Palestina. Mereka bahkan mendeklarasikan diri rela berkorban demi Yerusalem tercinta. Tentu saja mereka tidak akan merelakan tanah berharga penuh makna begitu saja.

Lebih dari itu, reaksi tidak suka juga dilemparkan oleh negara-negara Islam lainnya. Begitupun dengan Presiden Turki, Recep Tayyip Erdoğan yang dengan berapi-api meminta negara muslim bersatu memerangi pernyataan kontroversial Trump itu.

Namun nampaknya konflik ini tidak hanya mengundang perhatian dari para politikus atau kaum muslim saja. Lebih dari itu, banyak selebritis dunia yang juga ikut bersimpati atas apa yang terjadi di Palestina. Tidak terkecuali dari dunia sepak bola.

Akhir pekan lalu, suporter Celtic FC kembali menggelar aksi berani di stadion Easter Road, Edinburgh, markas lawan mereka, Hibernian FC di lanjutan Liga Primer Skotlandia. Dalam pertandingan itu suporter Celtic membentangkan sebuah banner bertuliskan “Jerusalem is Palestine” dan “Fuck Trump”. Jelas ini adalah protes keras yang “nekat” mereka lakukan.

Entah akan berujung panjang atau tidak nantinya, yang jelas aksi ini cukup mengagumkan dan sangat berani. Nekat dan tentunya tidak kapok dengan kejadian lalu.

Yup, sebelumnya Celtic sudah pernah di denda saat para suporter mengibarkan ratusan bendera Palestina kala Celtic menjamu wakil Israel di Liga Champions tahun lalu. Seakan tidak takut bayang-bayang denda masa lalu, kini suporter yang terkenal sangat fanatik itu kembali menjalankan aksinya untuk Palestina. Bahkan kali ini lebih keras dan tegas.

Apa yang dituliskan oleh para suporter ini jelas akan mengundang banyak perhatian, mungkin juga akan menuai kontroversi dan juga sanksi. Tapi bagaimanapun, tentu mereka memiliki alasan kuat untuk melakukan aksi nekat ini. Bisa jadi mereka memang sudah geram dengan segala konflik yang berkepanjangan di Palestina itu.

Sebenarnya, bukan hanya Celtic saja dari dunia sepak bola yang peduli dengan Palestina. Kita ingat beberapa tahun yang lalu Cristiano Ronaldo pernah melelang sepatu emasnya untuk disumbangkan ke Palestina.

Bukan hanya Ronaldo saja, pemain sepak bola religius Mesut Ozil juga dengan rela menyumbangkan banyak penghasilan. Tentu masih ada pemain-pemain bintang lainnya yang melakukan hal sama, seperti Eric Cantona, Ricardo Kaka, bahkan Mario Balotelli.

Satu hal yang pasti, apa yang terjadi di Palestina tentu mengetuk hati dan mengundang simpati kemanusiaan dari masyarakat dunia. Tidak peduli dari mana negara asal mereka, agama mereka bahkan profesi mereka sekalipun. Semuanya bersimpati atas nama kemanusiaan dan kedamaian.

Sumber gambar: www.independent.co.uk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kesetiaan: Apakah Dicintai Itu Mengikat Seseorang untuk Tidak Melirik yang Baru?

Kesetiaan: Apakah Dicintai Itu Mengikat Seseorang untuk Tidak Melirik yang Baru?

Cinta dalam Hati Menyiksa atau Bisa Membuat Bahagia

Cinta dalam Hati: Menyiksa atau Bisa Membuat Bahagia?