Sesuatu yang Paling Bisa Dibanggakan dari Dunia Sepak Bola Indonesia
Sumber gambar: breakingnews.co.id
in

Sesuatu yang Paling Bisa Dibanggakan dari Dunia Sepak Bola Indonesia

UGET UGET – Ketika tim nasional belum kunjung menunjukkan tajinya, apa sesuatu yang paling bisa dibanggakan dari dunia sepak bola Indonesia? Sebuah pertanyaan yang menggelitik.

Kita tahu sepak bola adalah olah raga yang paling populer di dunia, begitu pun di Indonesia. Itu tandanya Indonesia juga memiliki dunia tersendiri tentang oleh raga tersebut.

Saat ini, bisa dikatakan kompetisi sepak bola di Indonesia sudah berjalan, klub-klub juga sudah mulai dapat dijalankan. Harapannya memang begini, sehingga tidak ada kisruh yang runyam dari olah raga yang menghibur ini.

Jika berbicara soal prestasi Timnas Indonesia memang belum bisa dikatakan sukses dan berhasil. Berkali-kali Indonesia gagal menyabet gelar juara. Bukan hanya di timnas senior, adik-adik di timnas junior pun mengikuti langkah kegagalan itu.

Memang, untuk urusan prestasi, timnas belum terlalu bisa dikatakan dapat dibanggakan. Lalu, apa yang sebenarnya paling bisa dibanggakan dari dunia sepak bola Indonesia itu?

Bagi saya, yang paling dapat dibanggakan dari dunia sepak bola Indonesia saat ini adalah suporternya. Tentu kita tidak boleh lupa dengan banyaknya penggemar sepak bola fanatik di Indonesia. Hampir semua klub memiliki pendukung yang ramai di stadion.

Banyaknya penonton di stadion dan semangat mereka untuk selalu mendukung tim kesayangan menjadi daya tarik tersendiri dari kompetisi liga Indonesia. Tidak jarang pemain luar mengungkapkan ingin bermain di Indonesia karena kagum dengan para suporter dan ingin merasakan atmosfer tersebut di dalam stadion.

Bukan hanya itu, suporter dari Indonesia tidak hanya ada untuk mendukung Timnas Indonesia dan tim lokal saja. Banyak dari penggemar sepak bola Indonesia yang juga menggemari liga-liga lain di dunia bahkan menjadi fans berat dari sebuah klub di liga-liga tersebut.

Tidak jarang, suporter Indonesia menjadi suporter terbanyak di klub-klub sepak bola manca negara. Sebut saja Manchester United dan Manchester City. Dilangsir dari Goal.com Indonesia, KPMG Football Benchmark merilis data mengenai jumlah pengikut kedua klub tersebut di Facebook. Hasilnya jumlah pengikut terbanyak keduanya berasal dari Indonesia. Jauh mengalahkan jumlah suporter dari negara asalnya, Inggris.

Hal ini menjadi sebuah catatan tersendiri mengenai kefanatikan suporter Indonesia di kancah dunia. Tentu tidak diragukan pula jumlah suporter Indonesia di klub-klub lain. Mungkin akan sama pula mendominasi.

Itu mengapa, dunia sepak bola Indonesia patut bangga dengan para suporter yang ada. Mereka semua dengan setia meramaikan pula cerita sepak bola di negeri ini. Lebih dari itu, suporter fanatik di stadion juga turut menjadi pemain ke dua belas bagi sebuah klub. Kehadiran mereka tentu sangat diharapkan untuk lebih menyemangati pemain di lapangan.

Harapannya, suporter di Indonesia akan selalu membanggakan. Tentunya terlepas dari segala bentuk pelanggaran dan kericuhan.

Sumber gambar: breakingnews.co.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Nasi Goreng Enak di Jogja, Cobain Yang Satu Ini

Nasi Goreng Enak di Jogja, Cobain Yang Satu Ini

Alasan Kenapa Kamu Perlu Jelajah Dunia yang Lebih Luas Lagi

Alasan Kenapa Kamu Perlu Jelajah Dunia yang Lebih Luas Lagi