Dua Kunci Sukses Berbisnis yang Tidak Pernah Orang Duga

Dua Kunci Sukses Berbisnis yang Tidak Pernah Orang Duga

UGET UGET – Banyak orang mengerti bahwa kunci kesuksesan adalah kerja keras, pantang menyerah, dan berdoa saja. Tapi, tahu tidak bahwa kunci sukses berbisnis yang sebenarnya adalah jujur dan dermawan.

Sosok Siti Khadijah, istri Nabi Muhammad SAW, adalah seorang pengusaha wanita yang sukses di masa dulu. Ia mampu mengembangkan usahanya dengan cara berdagang.

Bisnis perdagangan yang ia jalankan adalah bagi hasil. Ia pun mampu menjalin mitra bisnis dengan baik.

Bagaimana caranya? Apa kunci sukses berbisnis yang sebenarnya?

Ingat bahwa Siti Khadijah adalah orang yang jujur dan dermawan. Dua kunci tersebut membawa kesuksesan pada dirinya.

Lalu bagaimana sifat jujur yang ia lakukan? Dan bagaimana pula ia sifat kedermawanannya itu?

Sifat jujur yang ia miliki dituangkan ketika ia berdagang. Misalnya, ia menjual barang dengan kondisi yang satu baik, sedangkan kondisi barang yang lain kurang baik.

Dalam hal itu, ia akan mengatakan apa adanya tentang kondisi barang yang dijual. Kalau memang baik, ia akan katakan baik. Tetapi, kalau kurang baik atau jelek, ia akan katakan demikian. Jadi, tidak ada hal yang ditutup-tutupinya.

Selain itu, ia kan mengatakan kepada pembeli berapa kentungan yang ia dapatkan pada penjualan barang tersebut. Sampai begitunya ia melakukan sifat jujur.

Apa yang dilakukan Siti Khadijah ini yang saya rasa jarang atau tidak seorang pun pengusaha melakukan hal ini. Terkadang mereka justru menutup-nutupi berapa keuntungan ia dapatkan.

Banyak dari mereka berpikir jika keuntungan ini dikatakan sejujurnya pada pembeli pasti tidak akan ada banyak pembeli yang membeli barang dagangannya. Pasti pembeli akan pindah ke pedagang lain.

Tapi, hal ini justru tidak dilakukan oleh istri Muhammad SAW. Yang terjadi justru banyak orang membeli. Dari sini dapat dipelajari bahwa kita harus mampu mengubah pola pikir atau mindset kita tentang bagaimana cara berdagang yang jujur dalam arti sebenarnya.

Nah, sifat jujur tersebut merupakan kunci sukses yang pertama. Kunci sukses yang kedua adalah dermawan.

Nggak banyak orang atau seorang pengusaha bisa bersifat dermawan. Menjadi seorang yang dermawan tidak harus memberi santunan yang jumlahnya besar kepada pantia asuhan atau anak yatim, tetapi dilakukan hanya satu kali saja.

Bukan yang seperti itu yang saya maksud. Bahwa sejatinya kita bisa bersedekah dengan orang lain setiap harinya. Tidak perlu dalam jumlah yang besar. Justru jumlah yang kecil, tetapi dilakukan setiap hari akan mendapatkan kelancaran dari Tuhan.

Jngan berpikir bahwa ketika bersedekah uang kita menjadi berkurang. Justru yang terjadi sebaliknya. Ketika kita bersedekah, rejeki yang diperoleh kita akan 10 kali lipat.

Hanya saja cara Tuhan memberikan rejeki pada kita mungkin dalam bentuk yang berbeda. Misalnya, dalam bentuk kelancaran bermitra dengan perusahaan lain atau memperoleh banyak penghargaan, dan sebagainya.

Jadi, selain kunci sukses berbisnis yang lain seperti pantang menyerah, kerja keras, dan berdoa, tersimpan kunci yang lain, yaitu jujur dan dermawan.

Kalian bisa lakukan dua kunci sukses berbisnis dari sekarang, guys. Yakin saja kalau rejeki sudah ada yang mengatur. Tinggal bagaimana kita menjemput rejeki itu.

Sumber gambar: www.linkedin.com

No Responses

Show all responses

Write a response