DJ Mashup Karya Anak Bangsa, Ananta Vinnie ugetuget

DJ Mashup Karya Anak Bangsa, Ananta Vinnie

UGETUGET – Adanya DJ Mashup, menjadi indikator bahwa industri musik terus menunjukkan perkembangannya. Inovasi teknologi instrumen berupa launchpad, berimplikasi pada ide-ide kreatif para pencipta lagu (soundcrafter) dalam mencipta sebuah karya. Salah satunya kita mengenal produk gabungan dua atau lebih lagu / komposisi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan mash up.

Biasanya mash up dilakukan dengan menimpa trek vokal dari lagu satu dengan instrumen dari lagu lain. Lagu mash up sebenarnya sudah ada sejak 1956-an, yang telah pertama kali dijajal oleh Bill Buchanan dan Dickie Goodman dengan menggabungkan 2 menjadi 1 lagu berjudul “The Flying Saucer.”

Launchpad biasanya digunakan oleh Disk Jokey (DJ) untuk memainkan musik sekaligus alat untuk mengaransemen lagu. Musik mash up memang banyak dikenal di daerah Eropa dan Amerika, tak lebih karena dua negara tersebut kerap dijadikan trendsetter dalam hal musik.

Namun kita patut berbangga diri dengan adanya musisi-musisi Indonesia yang tak mau kalah turut menjajal launchpad ini. Salah satunya adalah Ananta Giovanni yang cukup banyak menyorot perhatian lewat karya-karya mash up dalam akun Instagram-nya @anantavinnie.

DJ Mashup Karya Anak Bangsa, Ananta Vinnie uget uget

Ananta vinnie bersama temannya David Wong saat mempersiapkan kolaborasinya. Sumber gambar: www.instagram.com/anantavinnie

Ananta banyak mengupload video-video saat dirinya membuat memainkan launchpad secara langsung. Lagu-lagu pilihannya cukup beragam, mulai dari lagu Barat, Korea, hingga lagu-lagu Indonesia. Salah satunya yang menarik bagi saya adalah Mega Mashup-nya yang menggabungkan tujuh lagu sekaligus.

Ketujuh lagu tersebut adalah, Mama (Jonas Blue feat William Singe), Shape of You (Ed Sheeran), Despacito (Luis Fonsi feat Daddy Yanke), Thunder (Imagine Dragon), New Rules (Dua Lipa), Feels (Calvin Harris), dan There For You (Martin Garrix & Troye Sivan). Videonya ini telah ditonton oleh lebih dari 93 ribu orang sejak diunggah pada 23 Oktober kemarin.

Soundcrafter yang berkontribusi aktif untuk akun @Indomusikgram ini nampaknya telah begitu lihai memainkan launchpad. Menurut saya prestasi anak bangsa semacam ini perlu diapresiasi. Meskipun di luar sana telah banyak pula DJ yang keahliannya jauh lebih mumpuni.

Sebut saja, DJ Earworm yang telah menggabungkan Top 25 Songs of Billboard’s pada 2009. Atau DJ asal Prancis, Hugo Pierre Leclerq yang lebih dikenal dengan nama Madeon yang berhasil menggabungkan 39 lagu favoritnya dari beragam genre.

Atau kita mengenal masternya, Daniel Kim yang pernah menggabungkan 68 lagu dari puluhan artis. Telah banyak DJ yang berkiprah dalam bidang mash up.

Meskipun begitu, sebaiknya kita tidak memandang Indonesia telah jauh tertinggal. Melainkan, sebuah potensi dan prestasi yang mampu mewujudkan Indonesia pada situasi yang jauh lebih gemilang di masa depan.

Sumber gambar: id.pinterest.com/sarahannespins

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu