Dilarang Terbang Karena Autis, Curhatan Ibu di Sosmed Viral
Sumber gambar: tribunnews
in

Dilarang Terbang Karena Autis, Curhatan Ibu di Sosmed Viral

UGETUGET – Netizen Instagram kembali dibuat ramai oleh postingan akun berinisial AH. Ia membagikan pengalaman tidak menyenangkan saat menumpangi pesawat bersama putrinya. Putri AH sendiri berusia 16 tahun dan seorang pengidap autisme berinisial NAS. Hingga kini, unggahan AH itu pun telah mendapatkan 3.608 suka, dikomentari oleh lebih 600 orang, dan menjadi viral di Instagram.

Dalam unggahannya, AH berujar “Mohon maaf temen2 saya curhat. Siapa yang di sini punya anak autis? Pernah kejadian ga dicekal pihak maskapai untuk naik pesawat? Solusinya apa?”

Sebelumnya, ia menyampaikan sering membawa putrinya terbang menggunakan maskapai yang sama dan tanpa masalah. Selama penerbangan sebelumnya, putrinya dinilai bisa menjaga sikap, tenang, dan menuruti semua perintah AH.

Namun, pada hari Sabtu (9/18) kemarin, saat AH dan putrinya menggunakan Citilink dalam penerbangan dari Yogyakarta menuju Balikpapan, mereka mendapat perlakuan tidak biasa.

Dijelaskan, AH bersama putrinya dibawa oleh petugas pesawat menuju posko kesehatan, di mana dirinya mendapatkan pernyataan dari petugas maskapai. Saat, itu petugas menyatakan bahwa NAS tidak diperkenankan terbang akibat autism yang dimilikinya. Bahkan, petugas juga memberikan surat keterangan kesehatan tertanggal 9 Juni 2018.

Akibat kejadian tersebut, AH pun terpaksa menunda keberangkatannya menuju Balikpapan dan mengulang penerbangan pada hari ini, Senin (11/6) dengan menggunakan maskapai penerbangan yang sama. Naas, sekali lagi AH tidak diperbolehkan terbang dengan alasan membahayakan. Menurut AH, petugas sempat mengunci pintu masuk dan melarang putrinya memasuki pesawat.

Respon Netizen

Sontak unggahan AH mendapat respon beragam dari netizen. Ada yang berduka, ada yang menjelaskan peraturan, pun ada yang marah-marah atas perlakukan petugas maskapai yang dianggap tidak adil terhadap mereka.

Dilarang Terbang Karena Autis, Curhatan Ibu di Sosmed Viral
Sumber gambar: tribunnews

“Anak autis tidak akan mengganggu klo kondisi dilingkungannya buat dia nyaman , klo anak nya smpe nangis2 yah wajar toh dr pihak maskapai memperlakukannya sudah seperti itu,wajar klo si anak menjadi histeris, sedih deh mba aku baca postingan kamu .. sabar yaaa mba,” tulis @riinndyy.

“Astagfirulloh (emoji) sungguh saya sedih membacanya. Anak pertama saya autis. Alhamdulillah selama ini naik pesawat lancar2 aja. Bahkan pernah di salah satu bandara luar negri saat kita antri pemeriksaan tiket, anak saya gak mau diem. Lalu ditanya petugas knapa? Begitu tau anak saya autis malah dikasih prioritas duluan. Baru kali ini saya tau ada pencekalan terhadap anak autis (emoji) padahal jelas jelas ada orangtua yg mendampingi. Lapor ke maskapai pusat nya aja mbak….kami mendukung mbak,” lanjut @ninda_rd.

“Perlu edukasi pd pihak penerbangan, kalopun takut tantrum setidaknya pihak maskapai menyediakan ruang khusus,” tambah @iyah_annisa.

“Ya Allah mb.. saya kok jd sedih ya bacaanya. Kasian si adek di perlakukan seperti itu.. di laporin aja mb.. ke komnas perlindungan anak aapa ke polisi sekaliaan tu maskapai,” timpal @iga_fitriana.

Kini, kisah ini telah diunggah oleh akun instagram Lambe Turah dan langsung viral di masyarakat. Selain itu, pihak maskapai Citilink sendiri belum memberikan respon terkait kabar yang beredar ini.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Penanganan yang Tepat Ketika Orang Dewasa Terkena Sakit Cacar Air (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

Penanganan yang Tepat Ketika Orang Dewasa Terkena Sakit Cacar Air (Berdasarkan Pengalaman Pribadi)

10 Manfaat Air Panas yang Jarang Kamu Ketahui

10 Manfaat Air Panas yang Jarang Kamu Ketahui