Desain Pesawat Karya Boeing Ini Bisa Terbang di Kecepatan Hipersonic, Lho!
Sumber gambar: Dezeen
in

Desain Pesawat Karya Boeing Ini Bisa Terbang di Kecepatan Hipersonik, Lho!

UGETUGET – Dalam konferensi Institusi Aeronautika dan Astronomika Amerika Serikat yang diselenggarakan minggu lalu, perusahaan produsen pesawat terbang Boeing memperkenalkan rancangan pesawat terbang hipersonik.

Menurut mereka, pesawat ini bisa memgantarkan Anda ke lokasi manapun di seluruh dunia hanya dalam waktu satu hingga tiga jam.

Konsep desain pesawat itu lebih kecil dibandingkan pesawat produksi Boeing yang lain. Selain itu, ujung depan pesawat yang meruncing, penambahan sayap delta dan siluet segitiga jika dilihat dari kejauhan, menyerupai bentuk pesawat Concorde, pesawat yang mampu mencapai kecepatan supersonik.

Senior teknisi dan ketua tim riset dari Boeing, Kevin Bowcutt, mengungkapkan bahwa pesawat tersebut mampu terbang hingga kecepatan Mach 5 (sekitar 3,836 mil per jam). Capaian ini jauh lebih cepat daripada kecepatan pesawat Concorde yang hanya mampu terbang di Mach 2.

“Teknologinya tengah kami kembangkan. Dan kami pun bersemangat untuk menghubungkan dunia lebih cepat daripada sebelumnya,” ungkap Kevin seperti dilansir dari Dezeen.

Desain Pesawat Karya Boeing Ini Bisa Terbang di Kecepatan Hipersonic, Lho!
Sumber gambar: Dezeen

Meskipun desain ini sudah diperkenalkan, perusahaan Boeing menyatakan bahwa untuk saat ini belum memulai produksi. Melainkan, sedang mengembangkan teknologi yang tepat untuk desain itu.

“Jika pasar dan pelanggan sudah siap untuk menikmati perjalanan menggunakan pesawat berkecepatan hipersonik, tentu kami akan memulai produksinya,” papar juru bicara perusahaan Boeing.

Setelah mesin jet supersonik diproduksi massal pada tahun 2003, hanya sedikit pengembangan teknologi di bidang transportasi udara berkecepatan tinggi. Namun, kini tampaknya hal itu mulai berubah: dimulai sejak NASA meluncurkan proyek pesawat supersonik di awal tahun ini dan perusahaan baru bernama Boom yang melakukan uji coba pesawat produksinya.

Selain kedua institusi di atas, yang berlomba menciptakan transportasi udara berkecepatan tinggi, masih ada Virgin Galactic dan Space X, yang menurut kabar berambisi untuk mengaplikasikan teknologi roketnya pada teknologi transportasi antar wilayah di bumi.

Bahkan, Elon Musk, pendiri SpaceX, mengklaim jika teknologi buatan mereka “bisa mengantar orang dari kota manapun menuju kota manapun dengan waktu tempuh di bawah 1 jam.”

Menurut rencana, konsep desain ini akan dipamerkan pada Farnborough International Airshow yang berlangsung pada 16 hingga 22 Juli di Inggris bagian selatan. Tertarik menyaksikan?

Biru Samudra

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Inilah Zhang Yiming, Sosok Pendiri Aplikasi Tik Tok

Inilah Zhang Yiming, Sosok Pendiri Aplikasi Tik Tok

FYI, Ini 12 Stadion Tempat Berlangsungnya Piala Dunia

FYI, Ini 12 Stadion Tempat Berlangsungnya Piala Dunia