Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India
Sumber gambar: wikipedia.org
in

Deepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna Dari India

UGETUGETDeepawali, Barisan Cahaya Penuh Makna. Deepawali. Diwali. Dipavali. Deepavali, merupakan banyak kata yang punya arti sama. Sebuah perayaan penuh makna bagi umat Hindu. Di India, perayaan ini merupakan perayaan yang paling ditunggu.

Barisan Cahaya

Deepavali berasal dari bahasa Sansekerta, deepa dan avali. Deepa berarti cahaya dan avali artinya sebuah barisan. Jadi, deepawali memang terkenal sebagai festival cahaya.

Deepawali merayakan kemenangan kebaikan atas kejahatan, terang atas kegelapan. Lampu dinyalakan sebagai perayaan dan harapan dari umat manusia. Perayaan Deepawali berlangsung selama lima hari. Namun, perayaan sebenarnya jatuh pada hari ketiga.

Seorang anak kecil sedang mengikuti Perayaan Deepawali
Sumber gambar: indiaforyou.in

Deepawali biasanya jatuh pada bulan Oktober atau November. Tanggalnya berbeda, sebab masing-masing menggunakan kalender Hindu yang berbeda. Misalnya, masyarakat Hindu di India Utara memakai kalender Vikram.

Ada bermacam-macam legenda kenapa Diwali dirayakan. Salah satunya adalah terbunuhnya Narakasura, iblis jahat yang menciptakan malapetaka. Dia dibunuh oleh Sathyabhama, istri Dewa Krishna. Menurut legenda yang lain, Narakasura terbunuh oleh Dewa Krishna sendiri.

Meriahnya Festival

Untuk menyambut hari Diwali biasanya diadakan mela, semacam festival. Di daerah pedesaan, para petani akan mengadakan jual beli hasil-hasil pertanian mereka.

Kemudian banyak perempuan, anak-anak dan dewasa, mengenakan pakaian berwarna-warni, dan memakai perhiasan baru serta menghiasi tangan mereka.

Perempuan India menghias tangan mereka dengan bubuk yang dihasilkan dari tanaman henna. Bubuk itu terkenal dengan sebutan mehndi.

Pada festival mela, diadakan banyak acara. Misalnya sulap, akrobat, pertunjukan ular dan ramalan. Kita juga bisa jalan-jalan dengan naik hewan, misalnya saja gajah dan unta.

Di samping itu kita bisa asyik menikmati pertunjukan boneka yang berlangsung sepanjang hari.

Perayaan Deepawali menguatkan hubungan persaudaraan di antara keluarga-keluarga di India. Benar-benar festival cahaya yang penuh makna.

Peran Cahaya

Dekorasi Rangoli
Sumber gambar: wikipedia.org | Dekorasi Rangoli.

Dari perayaan Deepawali ini, manusia dapat belajar tentang arti cahaya. Baik secara fisik maupun metafisik. Dalam keseharian, cahaya yang berasal dari matahari mempunyai peran yang sangat besar bagi kehidupan.

Teori sejarah mengatakan bahwa peradaban besar biasanya dekat dengan air. Tapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Peradaban besar adalah negara yang disinari cahaya matahari dengan kadar yang pas!

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Nutrisi Pengoptimal Kecerdasan Otak Anak

Nutrisi Pengoptimal Kecerdasan Otak Anak

Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?

Prasyarat Menjadi Guru Di Era Revolusi Industri 4.0, Apa Saja Sih?