Daftar Kata Serapan Bahasa Jepang yang Sudah Masuk dalam KBBI Edisi Kelima, Penggemar Jejepangan Sudah Tahu Belum
Sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id
in

Daftar Kata Serapan Bahasa Jepang yang Sudah Masuk dalam KBBI Edisi Kelima, Penggemar Jejepangan Sudah Tahu Belum?

UGET-UGET  | Dengan perkembangan zaman yang semakin modern, Bahasa Indonesia juga turut berkembang seiring dengan peradaban manusia. Kata-kata yang sebelumnya mungkin bagi kita tidak akan masuk ke dalam KBBI, ternyata sekarang masuk ke dalam daftar lema KBBI, lho. Misalnya, kata-kata serapan dari bahasa asing. Termasuk juga daftar kata serapan Bahasa Jepang yang sudah masuk dalam KBBI edisi Kelima ini.

Hal ini memang tidak dapat dipungkiri, apalagi dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, bahasa juga terus berkembang agar dapat digunakan masyarakat secara baik dan benar.

Entri seperti twit, laptop, dan warganet kini masuk ke dalam KBBI edisi terbaru, yaitu edisi kelima. Hal ini bisa terjadi karena perkembangan zaman dan teknologi, selain itu kata-kata tersebut juga sering diucapkan oleh masyarakat.

Seperti yang tertulis di atas tadi, bahwa kata serapan bahasa asing pun juga masuk ke dalam KBBI, salah satunya bahasa Jepang. Untuk para penggemar jejepangan, sudah tahu belum apa saja daftar kata serapan bahasa Jepang yang sudah masuk dalam KBBI?

Salah satunya adalah kata ‘manga’. Manga diartikan sebagai komik khas Jepang. Kata ‘manga’ tentu saja sudah tidak asing bagi penggemar jejepangan, karena komik juga cukup digandrungi oleh penggemar jejepangan.

Selain itu juga ada kata ‘takoyaki’ . Takoyaki merupakan makanan khas Jepang yang terbuat dari tepung serta di dalamnya berisi potongan daging gurita. Kata ini juga tentu sudah tidak asing karena setiap ada event Jepang, makanan ini juga banyak dijual dan diserbu banyak orang.

Mengapa kata dari bahasa Jepang ini bisa diserap ke dalam KBBI? Apa yang menjadi alasannya? Dilasir dari Liputan6.com kata yang masuk dalam KBBI harus sesuai dengan kaidah bahasa Indonesia secara semantis, leksikal, fonetis, pragmatis, dan penggunaan. Selain itu ada pula kelima syarat lainnya, antara lain:

Unik

Kata yang diusulkan bersifat unik, artinya kata tersebut memiliki makna yang belum ada dalam Bahasa Indonesia, baik kata dari bahasa daerah maupun bahasa asing. Contohnya kata tinggimini yang berarti ‘pemotongan jari sebagai bentuk kedukaan terhadap keluarga yang telah meninggal’.

Kata dari bahasa Jepang seperti banzai, panko, dan wagyu juga merupakan kata yang unik. Maka kata ini sekarang juga masuk ke dalam KBBI.

Eufonik (sedap didengar)

Kata dalam KBBI juga merupakan kata-kata yang enak didengar artinya tidak mengandung bunyi yang tidak lazim dalam bahasa Indonesia. Hal ini diatur agar kata tersebut mudah dilafalkan oleh penutur.

Kata-kata seperti manga, moci, dan takoyaki cukup enak didengar dan mudah dilafalkan, bukan?

Seturut kaidah bahasa Indonesia

Artinya bahwa kata tersebut dapat dibentuk dan membentuk kata lain dengan kaidah pembentukan kata bahasa Indonesia, contohnya pengimbuhan dan pemajemukan.

Tidak berkonotasi negatif

Kata yang masuk dalam KBBI adalah kata-kata yang tidak berkonotasi negatif. Contohnya antara kata lokalisasi dan pelokalan yang memiliki makna sama, namun dipilih bentuk yang terakhir yang memiliki konotasi lebih positif.

Kerap dipakai

Kata-kata yang sering dipakai juga masuk ke dalam KBBI. Tak heran jika kata serapan bahasa Jepang pun kini juga semakin banyak dipakai. Banyak hal yang melatarbelakangi, misalnya seperti mulai banyak orang pecinta jejepangan, banyak komunitas Jepang yang tersebar di media sosial, dan lain-lain. Hal ini tidak dapat dipungkiri jika kata-kata seperti manga, mocitsuki, tsuru, dan kata-kata lainnya sering digunakan oleh para penikmat jejepangan.

Daftar Kata Serapan Bahasa Jepang yang Sudah Masuk dalam KBBI Edisi Kelima, Penggemar Jejepangan Sudah Tahu Belum
Sumber gambar: goodnewsfromindonesia.id

Lantas, apa saja daftar kata serapan Bahasa Jepang yang masuk ke dalam KBBI Edisi Kelima? Yuk simak daftar berikut.

  1. banzai
  2. canoyu
  3. daidan
  4. daidanco
  5. dohyo
  6. dojo
  7. gobo
  8. gunseikan
  9. hentai
  10. kabuki
  11. kamikaze
  12. karakuri
  13. karaoke
  14. keibodan
  15. manga
  16. moci
  17. mocitsuki
  18. nikkeiren
  19. okura
  20. onagata
  21. panko
  22. rengo
  23. sensei
  24. suiseki
  25. takoyaki
  26. tekidanto
  27. tempura
  28. teriyaki
  29. tofu
  30. tsuru
  31. umami
  32. wagyu
  33. wasabi
  34. yakon

Wah ada 34 kata, lho ternyata! Banyak sekali bukan? Nah untukmu para pecinta jejepangan, kini sudah tahu kan kalau ternyata banyak kata dari Bahasa Jepang yang masuk ke dalam KBBI?

Untuk tahu arti dari 34 kata tersebut, kamu dapat melihatnya di KBBI Edisi Kelima versi daring melalui laman http://kbbi.kemdikbud.go.id/. Atau kamu juga dapat mengunduh aplikasinya di play store atau appstrore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Komik untuk Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak

Komik untuk Pengayaan Kosakata Bahasa Indonesia Bagi Anak

Punya Masalah Rambut Bercabang Berikut Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Bisa Kamu Lakukan

Punya Masalah Rambut Bercabang? Berikut Cara Mengatasi Rambut Bercabang yang Bisa Kamu Lakukan