Teknomotif

Chip Komputer Canggih: Intel Bikin Chip Superkonduktor Kuantum

UGETUGETChip komputer canggih bikinan Intel terbaru ini tentu akan mempercepat datangnya revolusi komputasi kuantum.

Setidaknya, banyak perusahaan teknologi raksasa yang sudah berusaha menciptakan chip komputer untuk komputasi kuantum. Misalnya, bulan Mei lalu, IBM mengumumkan prosesor kuantum buatannya. Google sudah bertahun-tahun mengadakan riset untuk mencari solusi kuantum berbasis awan. Microsot sedang giat menulis bahasa kode baru untuk teknologi kuantum semacam itu.

Nah, Intel mengambil langkah maju dengan menciptakan chip komputer canggih untuk teknologi masa depan itu. Wujudnya adalah chip superkonduktor yang memanfaatkan sains material dan teknik produksi tingkat lanjut. Purwarupanya sudah dikirim ke mitra Intel di Belanda, yaitu QuTech.

Menurut Intel, qubit, atau blok penyusun komputasi kuantum, sangat rapuh. Qubit hanya bisa beroperasi pada suhu yang sangat rendah (250 kali lebih dingin ketimbang suhu luar angkasa). Qubit juga harus dikemas sedemikian rupa untuk mencegah kehilangan data.

Kelompok riset Intel di Oregon dan Arizona mengklaim telah menemukan cara untuk memproduksi chip 17-qubit dengan arsitektur yang memungkinkannya untuk bekerja pada suhu lebih tinggi dan mengurangi interferensi RF di tiap qubit.

Chip komputer canggih ini diklaim bisa menghantarkan sinyal 10 hingga 100 kali lebih cepat ketimbang chip berbasis kabel seperti yang ada saat ini. Desainnya juga begitu canggih sehingga bisa digunakan untuk sirkuit kuantum yang lebih besar.

Dr. Michael Mayberry dari Inte Labs mengungkapkan, “Riset kuantum kami telah mencapai titik tempat mitra kami, QuTech, bisa melakukan simulasi beban kerja algoritma kuantum, dan Intel menciptakan chip uji coba qubit baru secara berkala di fasilitas produksi kami.”

Keahlian utama Intel memang di bidang produksi, elektronik kontrol, dan arsitektur. Dalam beberapa dekade terakhir, produsen chip ini sudah membuktikan diri sebagai katalis dalam revolusi komputasi dunia. Komputer pribadi, komputer jinjing, dan bahkan ponsel pintar pun merasakan kinerja chip bikinan Intel.

Chip komputer canggih kuantum ini memang masih dalam taraf uji coba. Tapi, kita bisa membayangkan hasilnya jika sudah diproduksi massal: peralatan komputer kita tentu akan semakin kecil dan digdaya.

Sumber gambar: Phys.org

Bagikan artikel ini:

Leave a Comment

Pingin konten seru tiap hari?

Dapetin konten menarik di emailmu

Makasih bro, tunggu konten dari kami ya

Ada kesalahan, coba ulangi lagi