Sebuah Kota di China Berikan Spesifikasi Tinggi Seorang Sarjana untuk Pekerjaan Manajer Toilet Umum
Sumber gambar: indochinatown.com
in

Sebuah Kota di China Berikan Spesifikasi Tinggi Seorang Sarjana untuk Pekerjaan Manajer Toilet Umum

UGET UGET – Pendidikan menentukan jabatan seseorang. Setidaknya premis itu masih diyakini dan dipercaya sebagian masyarakat kita. Kuliah dianggap dapat memberikan kemudahan dalam berkarier. Ini pulalah yang membuat kesadaran orang tua untuk menguliahkan anaknya semakin tinggi. Namun, di China ada lho pekerjaan yang rasanya tak sebanding dengan gelar sarjana yang didapat seseorang. Pekerjaan apa itu?

Menurut South China Morning Post, di kota Wuhan, China, telah dibuka lowongan pekerjaan sebagai Manajer Toilet Umum. Uniknya, mereka mensyaratkan spesifikasi minimal sarjana lho. Sekali lagi, minimal. Apakah memang butuh seorang sarjana?

Sekilas mungkin orang akan merendahkan bahkan menyepelekan pekerjaan yang berkaitan dengan toilet umum ini. Bagaimana tidak, seorang sarjana sudah menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan biaya untuk menimba ilmu hanya untuk bekerja di seputar toilet?

Mungkin banyak orang berpikir bahwa spesifikasi yang diberikan dengan bidang pekerjaan itu begitu “jomplang” alias tak sepadan. Namun jangan salah sangka dulu guys. Manajer toilet umum ini kerjaannya bukanlah untuk membersihkan toilet kok. Kalau itu mah spesifikasi office boy atau petugas kebersihan.

Dilansir liputan6.com, nantinya seorang manajer harus melakukan patroli setiap hari dan mengawasi pemeliharaan fasilitas toilet umum di kota Wuhan. Iya, semua toilet umum yang ada di sana tak boleh luput dari pengawasan.

Nampaknya kota Wuhan ini menaruh perhatian lebih pada fasilitas umum ya. Daripada mengejek dan mengkritik pekerjaan ini, alangkah baiknya kita mengapresiasi niatan baik pemerintah kota Wuhan yang betul-betul ingin menjaga pemeliharaan toilet umum di sana.

Memang pekerjaan ini terbilang baru. Bahkan sebelumnya bagi sebagian besar orang, mungkin tak akan terpikir untuk membuka lapangan kerja baru yang memfokuskan diri untuk patroli toilet umum. Bahkan cenderung menganggap sepele masalah toilet umum ini.

Pihak pemerintah kota Wuhan telah meyakinkan bahwa mereka memang membutuhkan seorang sarjana untuk bidang kerja itu. Tanggung jawab yang diberikan juga saya rasa tak main-main.

Pekerjaan ini tidak mudah lho. Apalagi toilet umum rentan terhadap terjadinya perilaku menyimpang, pelecehan, vandalisme, perusakan fasilitas, dan perilaku tak bertanggung jawab atau tindak kejahatan lainnya. Karena itu, perhatian pejabat pemerintah kota Wuhan ini seharusnya bisa kita contoh.

Sumber gambar: indochinatown.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Ada Tulisan Apa Hari Ini, Gus? 2

Ada Tulisan Apa Hari Ini, Gus?

Sensasi Kenikmatan Pulu Golla di Pematang Sawah

Sensasi Kenikmatan Pulu Golla di Pematang Sawah