Ini Alasan China Bisa Bangun Stasiun Kereta Hanya Dalam Waktu 9 Jam
Sumber gambar: www.chinatourmap.com
in

Ini Alasan China Bisa Bangun Stasiun Kereta Hanya Dalam Waktu 9 Jam

UGET UGET – Membangun sebuah stasiun kereta jelas membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Selain tenaga, juga dibutuhkan mesin, bahan, dan alat guna menunjang proses pembangunan. Namun, nampaknya pandangan ini bisa ditampik oleh China yang berhasil pecahkan rekor dunia, membangun sebuah stasiun kereta api baru hanya dalam waktu 9 jam.

Seperti diketahui proyek pembangunan stasiun Nanlong, di kota Longyan, provinsi Fujian, sebuah wilayah di selatan China ini dimulai pada 19 Januari 2018 malam dan selesai pada 20 Januari dini hari. Sungguh waktu yang singkat untuk mengerjakan stasiun sepanjang 24 kilometer tersebut.

Apalagi proses pengerjaannya begitu kompleks. Mereka tidak hanya membangun jalur kereta baru Nanlong saja, melainkan juga sekaligus menyambungkannya dengan jalur lain. Menurut info, para pekerja itu menyambungkan tiga jalur kereta utama, yaitu jalur Ganling, Ganruilong, dan Zhanglong dengan Nanlong.

Apa ya rahasianya China bisa pecahkan rekor ini? Tak tanggung-tanggung Pemerintah China mengerahkan sebanyak 1.500 orang pekerja lho. Namun jumlah tersebut hanyalah angan, apabila tidak dikerahkan dengan cara kerja ala organisasi militer.

Dilansir tribunnews.com, mereka langsung ditempatkan dengan jelas ke dalam tujuh unit untuk pekerjaan simultan. Mereka bekerja dengan koordinasi yang begitu terarah, semangatnya pun begitu membara. Tak ada yang malas-malasan, apalagi tidak bekerja, dan hanya “mandori”. Semuanya tidak ada yang makan gaji buta.

Selain mengerahkan ribuan orang, proyek tersebut juga menggunakan bantuan tujuh kereta api dan 23 mesin penggali tanah. Proyek stasiun Nanlong ini pun tidak main-main. Keseriusan Pemerintah China ini dibuktikan dengan ditanganinya pembangunan proyek Nanlong langsung oleh perusahaan pembangun jalur kereta api milik pemerintah China, Tiesiju Civil Engineering Group.

Saya salut dengan pembangunan proyek ini. Semua orang yang terlibat begitu mengupayakan keberhasilannya. Agar besok stasiun kereta bisa beroperasi dengan baik. Apalagi pembangunan ini cukup berisiko. Pemerintah China pasti juga mengupayakan agar pembangunannya tidak memengaruhi keberangkatan kereta pada tiga stasiun lain yang terkait.

Pecahnya rekor pembangunan stasiun kereta Nanlong ini sekaligus menampik segala keterbatasan. Salah satunya yang akan berdampak pada alokasi waktu. Pemerintah China pun begitu siap dalam pembangunan stasiun baru ini. Mereka punya segala fasilitas dan prasarananya. Dana pembuatannya juga mendukung. Ditambah lagi dengan koordinasi kerja ala militer seperti itu.

Sehingga wajarlah rekor ini berhasil mereka pecahkan. Dari sini kita belajar, kendala bisa diatasi dengan kesiapan, baik fasilitas maupun manusianya.

Sumber gambar: www.chinatourmap.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Bulutangkis Masih Tetap Menjadi Olahraga yang Melambungkan Nama Indonesia

Bulutangkis Masih Tetap Menjadi Olahraga yang Melambungkan Nama Indonesia

The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?

The Godfather, Mengapa Michael Yang Menjadi Penerus Vito Corleone?