Cewek Lebih Berisiko Gendut Karena Hormon Estrogennya
Sumber gambar: bodybigsize.com
in

Cewek Lebih Berisiko Gendut Karena Hormon Estrogennya

UGET UGET – Standar kecantikan dewasa ini memberikan banyak tuntutan bagi sebagian besar perempuan. Salah satunya terkait berat badan. Perempuan dianggap ideal jika memiliki tubuh yang kurus. Konstruksi inilah yang kemudian menghakimi mereka yang bertubuh gendut, atau mereka dengan bobot melebihi Body Mass Index (BMI). Padahal faktanya, hampir semua perempuan memiliki risiko menjadi gendut.

Banyak perempuan terobsesi menjadi sempurna. Karenanya cara-cara menyakitkan sebanding dengan hasil yang akan diperolehnya. Banyak perempuan melakukan diet ketat, olahraga ekstrem, sedot lemak, hingga operasi plastik. Semuanya dilakukan demi tubuh idealnya. Tak lain untuk menarik perhatian laki-laki.

Padahal, hampir tak ada perempuan yang tak berisiko gendut. Proses kehidupannya yang mungkin akan mengandung, melahirkan, pengaruh pasca hamil, naik turunnya kadar estrogen, hingga penggunaan alat kontrasepsi menyumbang risiko berat badan berlebih. Terlebih jika gaya hidupmu kurang baik, seperti sering makan berlemak, minum minuman beralkohol, merokok, hingga jarang berolahraga.

Dilansir dari tribunnews.com (18/6/17), kadar hormon estrogen yang lebih banyak pada tubuh perempuan, membuat tubuhnya lebih mudah gemuk membentuk lemak. Pakar kesehatan spesialis penyakit dalam, dr. Fransiscus Ari, Sp. PD, menyebutkan cadangan lemak berlebih pada tubuh bisa membuat gemuk dan berbagai dampak bahaya lainnya seperti penyakit jantung dan diabetes.

Meskipun begitu, pria juga memiliki hormon estrogen, hanya saja tak sebanyak pada tubuh perempuan. Karena itu, tak jarang pula kita temui body goals perempuan justru dimiliki laki-laki. Entah bagaimana caranya, laki-laki bisa tetap kurus meski memiliki porsi makan yang lebih banyak. Sedangkan kita para perempuan, mudah sekali gemuk meski hanya makan camilan ringan. Sungguh tidak adil memang.

Namun, itu semua pengaruh hormon girls. Kamu tak perlu menyalahkan dirimu yang sulit menurunkan berat badan, atau membenci tubuhmu sendiri. Wajar apabila perempuan memiliki tubuh yang lebih berisi daripada laki-laki. Dan kamu tak perlu menyakiti dirimu untuk menjadi ideal.

Sebaliknya, laki-laki juga seharusnya tak terbuai oleh citra ideal perempuan yang digambarkan media. Ada baiknya, terimalah dirimu sebagai sebuah anugerah. Karenanya, rawatlah tubuhmu dengan cara-cara yang lazim, seperti olahraga dan makan makanan yang sehat, tidur cukup dan teratur.

Sumber gambar: bodybigsize.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Jadilah Pemberani, Maka Kesuksesan Adalah Milikmu

Jadilah Pemberani, Maka Kesuksesan Adalah Milikmu

Timbuktu, Kota Sejarah di Mali

Timbuktu, Kota Sejarah di Mali