Cerita KKN yang Bikin Kangen Ketika Telah Usai
Sumber gambar: infokpmstainparepare.blogspot.co.id/2017/06/daftar-program-kerja-kkn-individu.html
in

Cerita KKN yang Bikin Kangen Ketika Telah Usai

UGET UGETKKN (Kuliah Kerja Nyata) merupakan program kampus berupa bentuk pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat desa. Pasti ada banyak cerita KKN yang dialami mahasiswa ketika menjalani masa-masa tersebut.

Mulai dari cerita romantis hingga cerita mistis pun pasti dirasakan ketika KKN. Kamu pernah merasakan cerita KKN yang mana gaes?

Selain cerita KKN yang berbau romantis dan mistis, ada pula cerita KKN lain yang bikin kangen ketika telah usai.

Lantas apa saja itu?

1. Suasana desa yang sejuk dan damai

Biasanya kalau KKN kan ditempatkan di desa-desa gitu, yang jauh dari dunia perkotaan. Pasti akan ada rasa senang, tenang, dan damai ketika kita sudah masuk ke desa orang. Apalagi biasanya desa itu kan penuh dengan sawah-sawah, hawanya pun semakin segar. Jauh dari dunia perkotaan yang banyak polusi dan kendaraan bermotor.

Terkadang, ketika KKN telah usai, akan ada masa ketika kita kangen dengan suasana desa yang sejuk.

2. Adik-adiknya yang lucu

Duh nggemesin banget ya adik-adik di desa KKN tuh. Mereka masih polos-polos dan manja banget. Sukanya minta diputerin film yang ada di laptop kita. Atau suka main game yang ada di handphone kita. Tapi bagaimana pun kelakuan mereka, pasti ada lucu-lucunya dan bikin kangen.

Apalagi kalau mereka sampai membuat kejutan untuk kita, duh terharu banget rasanya. Hal ini juga saya alami ketika saya dan teman-teman saya perpisahan KKN, adik-adik di desa memberikan kejutan berupa hadiah untuk kita semua. Rasanya KKN kita berhasil karena mampu memberikan kebahagiaan untuk mereka.

3. Ribetnya mengurus program kerja yang waktunya sama dengan program kerja lain

Meskipun sudah dibuat matriks, kapan proker si A, kapan proker si B, namun jalannya tidak semulus yang dibayangkan. Pasti ada aja kejadian yang tak terduga. Misalnya karena warga desa belum pulang bekerja, akhirnya waktu prokernya diundur dan berakhir dengan tubrukan jadwal proker lain.

Saat ada kejadian seperti itu, perlu mensiasatinya. Misal kedua program kerja dijadikan satu agar dapat berjalan semua. Apa kalian juga merasakan hal ini?

4. Rindu kebersamaan dengan teman satu kelompok

Kurang lebih dalam waktu 1-2 bulan kalian tinggal di tempat yang sama dengan tim kalian. Pasti ada cerita unik ketika tinggal bersama.

Mulai dari ada anak yang susah bangun pagi, malas kalau diminta bantuin masak, mandinya lama banget jadi bikin antre, dan lain-lain. Kadang hal-hal yang mungkin tidak mengenakkan itu juga bikin kangen.

5. Suka duka mengajak warga untuk berpartisipasi dalam program kerja kita

Kalian pernah nggak sih merasakan susahnya mencari peserta untuk proker kalian? Apalagi kalau sasaranya memang untuk orang tua.

Orang tua kan udah capek kerja dari pagi sampai sore. Terus malamnya kita minta untuk datang ke acara kita. Pasti yang datang juga tidak banyak.

Terkadang untuk mensiasati hal ini, lebih aman jika prokernya ditujukan untuk anak-anak. Karena biasanya anak-anak malah banyak yang datang. Apa kalian juga merasakan susahnya mencari peserta?

Terlepas dari cerita KKN yang menyenangkan maupun yang tidak menyenangkan, semuanya pasti memiliki kenangan tersendiri. Karena sesungguhnya KKN merupakan praktik untuk mahasiswa agar terjun langsung menghadapi permasalahan yang ada di masyarakat.

Sumber gambar: infokpmstainparepare.blogspot.co.id/2017/06/daftar-program-kerja-kkn-individu.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Masalah Bibir Kering Mungkin Ada yang Kurang di Tas Make-Upmu

Masalah Bibir Kering? Mungkin Ada yang Kurang di Tas Make-Upmu

Cover Lagu Virgoun “Bukti” oleh Naisa Alifia Yuriza uget uget

Cover Lagu Virgoun “Bukti” oleh Naisa Alifia Yuriza